HUJAN DERAS PENUH BERKAH IRINGI PERINGATAN MAULID NABI DI SICC

HUJAN DERAS PENUH BERKAH  IRINGI PERINGATAN MAULID NABI DI SICC

Jum`at 1 Desember 2017 bertepatan dengan tanggal 12 Robi `ul awwal 1439 H, bertempat di aula, warga sekolah SMP Islam Cendekia Cianjur , menghadiri acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Acara dihadiri oleh pengurus Yayasan, Kepala Sekolah, Kepala Boarding, PTK, dan seluruh siswa SMP Islam Cendekia Cianjur.

                                Peringatan maulid yang diselenggarakan oleh kepesantrenan ( Boarding ) tersebut dimulai pukul 08.00, diawali dengan lantunan sholawat, pembacaan kitab Al Barjanji oleh Ustadz Kamal dan kawan-kawan, dilanjutkan dengan pembukaan yang disampaikan langsung oleh pembawa acara. Gema ayat suci Al qur`an pun tidak lupa dilantunkan dengan syahdu oleh ananda Muhammad Ilham Anshori , siswa kelas IX.

                Acara selanjutnya adalah sambutan, sambutan yang pertama dari ketua panitia , yakni Ustadz Fakhrudin, dalam sambutan singkat nya beliau menyampaikan terimakasih kepada seluruh jama`ah yang hadir dalam acara tersebut, sambutan yang ke dua disampaikan oleh kepala Boarding yang juga menyampaikan ucapan terimakasih dan harapan-harapan nya “semoga dengan adanya momen acara ini menjadi penyemangat belajar bagi para siswa dan para mustami` pada umumnya serta semoga dengan kita ber uswah kepada Rosul semoga Allah memberi kebekahan kepada kita” demikian ungap nya.     

Tibalah acara pokok yakni tabligh akbar dengan penceramah Bapak Drs. Komarudin. Dalam ceramah nya, beliau memulainya dengan pembahasan mengenai tema yang diusung dalam peringatan maulid kali ini yakni “ Dengan memperingati Maulid Nabi Saw, kita tingkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan Rosululloh SAW”, beliau menguraikan makna tema yang dibuat panitia satu persatu, kemudian dilanjutkan dengan uraian hikmah maulid, dimulai dari sejarah lahirnya Nabi, nasab Nabi, dan berlanjut ke bahasan diutusnya Nabi sebagai petunjuk dan sebagai uswatun hasanah (suri teladan yang baik ) dalam hal ini juga beliau mengutip beberapa ayat Alqur`an, yang berhubungan dengan diutusnya Nabi sebagai Rahmatan lil aalamiin, dan sebagai uswatun hasanah yakni QS Al Baqoroh ayat 2, 46, dan 116. Selain bahasan tersebut , beliau juga mengupas tentang 4 perkara atau kunci di terima nya amal ibadah yakni: 1. Ilmu, 2. niat, 3. sabar, dan 4. ikhlas. Beliau juga memaparkan tentang salah satu fungsi ilmu diantaranya Sebagai alat ibadah dan sebagai bekal ibadah, menurut beliau yang dimaksud dengan ilmu sebagai alat ibadah adalah ilmu – ilmu umum seperti ilmu bahasa, IPA, IPS, matematika dll, sedangkan ilmu sebagai bekal ibadah adalah ilmu- ilmu agama. Masih banyak lagi ceramah yang beliau sampaikan disertai dengan humor yang segar dan ciri khas nya dalam membawakan ceramah yakni melukis objek-objek yang berkaitan dengan isi ceramah, seperti menggambar orang, ular, gunung, dan lain lain, membuat ceramah tidak jenuh, tidak ngantuk dan siswa serta jamaah pun selain mendapat ilmu juga merasa terhibur.

Di akhir ceramah nya tidak lupa beliau mendoakan seluruh pengurus Yayasan, manajemen sekolah, boarding, seluruh guru / PTK dan siswa/siswi agar selalu sehat dan kuat dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin penuh dengan tantangan.

Acara penutup berupa penampilan menarik dari tim marawis SICC yang dipimpin oleh Fakhri dan kawan-kawan. Kemudian ditutup dengan do`a yang disampaikan oleh pembawa acara yakni Ustadz Mukhlis.

Demikian ringkasan singkat hikmah maulid nabi yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat.

Semoga acara ini menjadi saksi kebersamaan seluruh warga belajar SICC ini dan berharap mendapatkan syafaat beliau di akhirat nanti yakni syafaatul Udzma yang kita dambakan, aamiin yaa Allah yaa Robbal aalamiin. Allohumma sholli wasallim wabaarik alaiih.

Cianjur Desember 2017 ( Aisyah Nurlaela)

  • Kategori|: |Berita
  • |
  • 2017-12-05 08:24:17