UNBK IS OK! ASYIK DAN MENYENANGKAN!

  • Hj. Aisyah Nurlaela , S.Pd (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2017-04-02 17:00:00 - Kategori : BERITA

    UNBK IS OK! ASYIK DAN MENYENANGKAN!

    Sebagaimana kita ketahui, seiring berkembangnya zaman, berkembang pula teknologi di bidang pendidikan, salahsatu nya adalah teknologi yang mendukung proses evaluasi belajar siswa tingkat akhir yang berstandar Nasional, atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Ujian Nasional atau  UN.

    Ujian Nasional merupakan salahsatu Evaluasi belajar siswa tingkat akhir, yang mana hal tersebut sangat penting dalam menentukan nilai akhir  siswa kelas IX  dalam satuan pendidikan.

    Saking pentingnya UN tersebut, hingga seluruh warga belajar di seluruh satuan pendidikan mempersiapkannya dengan baik dan penuh semangat, bahkan orangtua siswa menyiapkan putra-putri nya semaksimal mungkin, ada yang memasukan nya ke Bimbel, bahkan ada yang mengadakan privat di rumah.  Demi  mendapatkan nilai terbaik bagi putra-putrinya, bahkan demi untuk bisa lulus , berbagai trik dan tips belajar pun dilaksanakan. Di sekolah misalnya, pendalaman materi dan pemantapan UN seringkali diadakan untuk menyiapkan mental dan fisik para siswa.

    Ketegangan atau rasa was-was dalam mengadapi UN, tidak bisa dipungkiri seringkali dirasakan oleh siswa, terutama menjelang detik-detik hari H nya, hal ini bisa dimaklumi karena memang UN adalah salahsatu barometer kelulusan bagi para siswa.

    Ketegangan menjelang UN, kini semakin  bertambah  dengan adanya Ujian berbasis komputer, atau biasa disebut UNBK. Bagi siswa atau sekolah yang belum siap, ini mungkin menjadi momok yang menakutkan, karena jangankan memakai komputer, toh ujian konvensional seperti biasa memakai lembaran kertas pun membuat sebagian dari mereka tegang dan deg-degan katanya.

    Namun setelah dijalani, melalui simulasi UNBK, ternyata UNBK adalah merupakan terobosan baru di dunia pendidikan yang  asyik dan menyenangkan, baik bagi siswa, guru, panitia UN dan bahkan sekolah pada umumnya, kenapa? Inilah beberapa alasan keunggulan UNBK:

    1. Praktis dan mudah

    UNBK memang praktis dan mudah, artinya tidak ribet seperti halnya ujian biasa atau konvensional, bagi panitia ujian, hal ini menjadi lebih simpel karena tidak terlalu banyak memerlukan persiapan hal-hal yang biasa disiapkan ketika menghadapi ujian, seperti administrasi dan distribusi soal yang biasanya membutuhkan persiapan matang dan pengawalan yang ketat demi meminimalisir kecurangan. Namun kemudahan ini bisa dinikmati tentu saja harus dibayar mahal oleh para proktor dan teknisi yang menyiapkan pelaksanaan jauh-jauh hari sebelum UN dilaksanakan, belum lagi ketersediaan perangkat seperti komputer, printer, laboratorium komputer yang memadai, jaringan wifi yang stabil dan sebagainya.

    1. Modern

    UNBK tentu saja bisa disebut ujian yang modern sesuai perkembangan zaman, karena mengandung teknologi yang mempermudah segala kegiatannya.

    1. Digemari siswa

    Tidak dapat dipungkiri, bahwa siswa pada zaman sekarang memang lebih suka menggunakan berbagai macam perangkat  yang kekinian seperti laptop, handphone, komputer, dan lain-lain dibandingkan memegang  buku atau kertas ulangan, nah dengan adanya stimulus perangkat seperti laptop atau komputer, diharapkan siswa dapat sedikit  rileks  dalam menghadapi  UN. Tentu saja pendalaman materi dalam menghadapu UN harus lebih ditingkatkan lagi, supaya siswa lebih siap dan lancar dalam menghadapi berbagai soal yang disediakan.

    1. Ekonomis

    UNBK memang ekonomis, diantaranya dalam hal administrasi, seperti telah dipaparkan di atas. Selain itu juga meminimalisir penggunaan  kertas yang biasanya menumpuk setiap kali ulangan atau ujian dilaksanakan.

    5.Mendukung program Go Green

    Dengan digunakan nya komputer, otomatis tidak lagi menggunakan kertas sebagai media dalam melaksanakan ujian, hal ini tentu saja meminimalisir limbah kertas yang pada akhirnya menumpuk setiap kali setelah melaksanakan tes, dan hal ini tentu saja membantu program go green, walaupun kertas bisa didaur ulang, namun toh tidak semua sekolah bisa melaksanakan program daur ulang, ujung-ujungnya mungkin bisa menjadi arsip yang pada ahirnya juga menjadi limbah.

    1. Meminimalisir kecurangan/kebocoran soal

    Dengan adanya ujian berbasis komputer ini, bisa dipastikan tidak ada seorang pun yang mengetahui soal yang akan keluar dalam ujian, bahkan panitia ujian dan guru mapel yang meng1u pelajaran pun baru mengetahui ketika siswa melaksanakan ujian.

    1. Melatih kejujuran, kedisiplinan dan percaya diri siswa

    Dengan adanya ujian seperti ini, siswa dituntut untuk disiplin, jujur, ulet, bekerja keras dan percaya diri serta tentu saja menuntut siswa untuk cakap dalam teknologi.

    Keunggulan-keunggulan di atas tentu saja tidak dapat dinikmati tanpa adanya usaha dan kerja keras tim IT sekolah yang diantaranya terdapat teknisi, proktor dan instalator yang jauh-jauh hari telah bekerja keras menyiapkan segala sesuatunya mulai dari administrasi peserta UN, pengadaan perangkat, software, pengkondisian jaringan/wifi,  dan sebagainya .

    Selain itu, kemudahan dan keunggulan di atas  tentu saja tidak bisa dinikmati tanpa adanya perangkat pendukung yang menjadi sarana pada ujin tersebut seperti labkom, komputer/laptop,  printer, sambungan internet, dan lain-lain.

    Itulah beberapa keunggulan dan  kekurangan yang dapat dirasakan dalam melaksankan ujian Nasional berbasis komputer atau UNBK.  Semoga bermanfaat dan kita bisa lebih bijak dalam menggunakan teknologi.    (Aisyah Nurlaela, guru SMP Islam Cendekia Cianjur)