TABLIGH AKBAR GEBYAR MUHARAM SMP ISLAM CENDEKIA CIANJUR

  • Hj. Aisyah Nurlaela , S.Pd (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2016-10-11 17:00:00 - Kategori : BERITA

    TABLIGH AKBAR GEBYAR MUHARAM SMP ISLAM CENDEKIA CIANJUR

    OSIS SMP Islam cendekia Cianjur mengadakan  acara  dalam menyambut tahun baru  islam 1 Muharam 1438 H. Acara tersebut dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 2 Oktober 2016 .Diawali dengan  karnapal  seluruh siswa kelas  VIII dan kelas IX saja,karena seluruh siswa kelas VII sedang kursus Bahasa Inggris ke k1ung Inggris di Pare.

                    Acara yang tak kalah pentingnya adalah tabligh  Akbar gebyar  Muharam,yang dilaksanakan di aula SMP Islam Cendekia Cianjur ,Masjid Annisa lantai 2.

                   Acara dimulai dengan sholawatan yang dipimpin oleh Haykal siswa kelas  IX A dan kawan-kawan.baru pada pukul  9  acara dibuka oleh 2 orang siswa kelas IX yaitu Muhammad Abiyyi,  siswa kelas IX A dan Ressy Nutricia  siswi  kelas IX  F. dalam meny1aikan acaranya,  kedua siswa tersebut menggunakan 3 bahasa  yaitu Bahasa Indonesia ,Bahasa Inggris dan Bahasa  Arab,mereka langsung meny1aikan acara yang pertama  yaitu pembukaan ,dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alqur`an yang dibacakan oleh M. Fadilatul Umam siswa kelas IX B ,Acara selanjutnya sambutan dari kepala sekolah SMP Islam Cendekia Cianjur   Bapak H. Bambang  Zainal Arifien, S.Sy.Dalam sambutannya, beliau meny1aikan pesannya secara singkat hususnya untuk para siswa dengan meny1aikan petikan ayat Alqur`an tentang syukur nikmat yaitu” waidztaadzana robbukum lain syakartum ladziidannakum, walainkafartum inna adzabi lasyadid”(surat Ibrahim ayat 7) yang artinya "Dan (ingatlah juga)tatkala Tuhanmu memaklumkan sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu,dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku),maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

    Kemudian dalam sambutannya  dengan penuh antusias ,beliau menambahkan pesan kepada seluruh siswa untuk lebih memaknai arti hijrah dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang positif,dan menjadikan tahun baru ini sebagai momentum untuk muhasabah diri.Tak lupa beliau menambahkan sebuah hadis "Haasibu anfusakum qobla antuhaasabuu, artinya hisablah atau periksalah diri kalian sebelum nanti  dihisab oleh Allah di hari kiamat". beliau mengucapkan terimakasih atas semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara  gebyar Muharam ini.

                    Acara selanjutnya merupakan acara pokok yaitu ceramah, kali ini yang menjadi muballigh adalah Drs. Komarudin yang terkenal dengan ceramahnya yang ‘rame’.Beliau sudah pernah diundang beberapa kali ke SMP IslamCendekia untuk memberikan tausiyahnya. Dengan ciri khasnya yang sudah dikenal oleh anak-anak maupun para guru yaitu menggambar berbagai objek diantara cermahnya dengan gambar-gambar yang menarik sesuai dengan apa yang dis1aikan,hal ini membuat ceramah tidak membosankan dan semakin menarik perhatian mustami, beliau meny1aikan tausiyahnya dengan sangat riang disambut tepukan  yang gemuruh dari para siswa, beliau memulai dengan mengutip tema gebyar Muharram  OSIS SMP Cendekia yaitu “Isy kariiman aumut syahidan” yang artinya hidup mulia atau mati syahid . banyak sekali ilmu  yang bisa diambil dari ceramah yang beliau s1aikan diantaranya: arti dari kata hijrah yang berarti pindah, beliau melanjutkan arti pindah disini dalam aflikasi kita sekarang bisa diartikan pindah dari kebiasaan yang kurang baik menjadi baik, atau dari yang baik menjadi lebih baik.selain itu, ada juga hijrah mental spiritual (repolusi mental)dalam artian pandai mengendalikan hawa nafsu, beliau juga menambahkan hal-hal yang menghambat dalam  beribadah diantaranya ada 4 yaitu: dunia, mahluk, nafsu, dan syaitan, dengan menukil ayat Alqur`an surat annisa ayat 77.di akhir ceramahnya beliau menambahkan firman Allah dalam alqur`an surat al anfal ayat 2 dan 3 mengenai ciri-ciri orang yang sempurna imannya.terakhir beliau mendo`akan seluruh siswa SMP Islam Cendekia Cianjur agar menjadi anak yang sholeh dan menjadi generasi penerus bangsa dan menjadi barisan terdepan dalam membangun Kota Cianjur yang ber ahlakul karimah, tak lupa beliau juga mendo`akan seluruh mustami yang hadir agar diberi keberkahan oleh Allah, khususnya seluruh staf pengajar agar diberi kesabaran,kekuatan, kesehatan dan kelancaran dalam mengajar, mendidik, dan membimbing seluruh siswanya dalam mencapai mardhotillah,amin yaa robbal alamien. (Aisyah Nurlaela).