Sosialisasi Pencegahan KANKER Di SMP ISLAM CENDEKIA CIANJUR

  • HILMAN ANGGARIADI (Penerbit)
  • Diterbitkan pada :2018-03-29 15:34:11 - Kategori : EVENT

    Sosialisasi Pencegahan KANKER Di SMP ISLAM CENDEKIA CIANJUR

    Mendengar kata kanker, tentu saja di benak kita yang terbayang adalah luka yang mengerikan atau segumpal lemak yang menyerupai benjolan dari yang kecil hingga bengkak pada bagian tubuh tertentu misalnya pada perut menyerupai wanita hamil, ya kanker memang mengerikan!.

    Selasa, 13 Maret 2018, SICC kedatangan 3 orang tamu dari LKKI (Lembaga Konsultan Kanker Indonesia) yang beralamat di Cibogo Indah 2 no 99 Bandung. Mereka  tiada lain adalah para kader kesehatan yang bertugas untuk mensosialisasikan bahaya kanker dan tumor ganas. Terdiri dari 3 orang keder ahli  kesehatan yang telah terlatih dan semuanya merupakan ahli dalam bidang kebidanan diantaranya Rindi Surdiana Wati, A.Md.Keb,  Aprita, A.Md. Keb, dan Yusi Purnamasari, A.Md. Keb.

    Peserta acara terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan SMP Islam cendekia Cianjur,

    Peserta yang hadir dalam acara tersebut memang tidak semua guru, karena sebagian ada yang berhalangan hadir, sekitar 25 guru reguler mengikuti acara sosialisasi tersebut dengan penuh antusias, terutama ibu-ibu yang menganggap kanker merupakan penyakit yang menakutkan, bahkan di sesi tanya jawab pun para ibu guru puteri hampir berebut untuk bertanya mengenai kanker yang menakutkan itu.

    Bertempat di ruang kelas IX E gedung utama  SICC,  acara dimulai pada pukul 13.30,dan langsung pemaparan materi oleh Rindi Surdiana Wati, A.Md. Keb.

    Dalam paparannya yang detail disertai dengan dukungan gambar –gambar penyakit kanker, gejala, penyebab, akibat dan pencegahan serta pengobatannya, berhasil membuat peserta antusias dan penasaran untuk mengajukan pertanyaan seputar kanker, bahkan di akhir acara, di sesi tanya jawab pun tak terbendung pertanyaan yang diajukan kepada narasumber bahkan sampai ke pembahasan menstruasi pada wanita.

    Selain membahas penyebab, pencegahan, pemicu dan pengobatan kanker, mereka juga memaparkan beberapa tumbuhan dan buah yang mengandung zat anti kanker seperti buah sirsak, benalu teh dan tumbuhan temu putih yang susah sekali ditemukan karena jarang dan biasa nya tumbuh liar, mereka juga memaparkan kegiatan nya bersama lembaga yang sedang aktif mengembangkan pencegahan penyakit kanker seperti penanaman tumbuhan temu putih tersebut yang dilakukan di Kulon  progo Jogjkarta.

     

     

    Acaranya seru, terimakasih untuk LKKI yang telah menyumbangkan ilmu, wawasan serta motivasi untuk membangkitkan kesadaran seluruh lapisan masyarakat dalam mencegah dan mengobati kanker dengan sukarela.

     Di akhir sesi, tidak lupa mereka mengajak pesert untuk melakukan senam deteksi  dini kanker payudara, alhasil acara semakin meriah dan seru.

    Bermanfaat sekali alhamdulillah.

    Cianjur, Maret 2018 ( Aisyah Nurlaela)

    Image /Fhoto : Armand RM