SMP ISLAM CENDEKIA CIANJUR MELAKASANAKAN UNBK

  • Hj. Aisyah Nurlaela , S.Pd (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2017-04-07 17:00:00 - Kategori : BERITA

    SMP ISLAM CENDEKIA CIANJUR MELAKASANAKAN UNBK

    Selasa (2, Mei 2017) Sebanyak 139 siswa SMP islam Cendekia Cianjur melaksanaka Ujian Nasional Berbasis Komputer, atau yang biasa disebut UNBK. Alhamdulillah UNBK berjalan dengan aman, lancar, tertib dan kondusif.

    Dengan dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah,  yayasan, pihak sekolah, dinas, guru, siswa dan orang tua siswa, alhamdulillah ujian berbasis komputer ini bisa terlaksana dengan baik.

    Pada awalnya, baik siswa maupun pendidik merasa khawatir karena memang ujian berbasis komputer ini merupakan hal yang baru dilaksanakan, namun kekhawatiran tersebut berujung manis dan tidak ada kendala yang berarti samasekali ketika ujian tersebut dilaksanakan, bahkan siswa merasa nyaman dan tidak sedikitpun kelihatan tegang, hal ini mungkin disebabkan karena mereka sudah terbiasa dengan latihan-latihan, diantaranya melalui simulasi yang pernah diadakan oleh tim sukses UN Cendekia.

    Persiapan UNBK jauh-jauh hari sudah dilaksanakan dengan sangat matang, baik persiapan mental maupun fisik siswa. Persiapan mental dan fisik siswa ditunjang dengan adanya pemantapan mata pelajaran oleh setiap guru mata pelajaran, pengajian, mabit,  ziarah dan istighosah.

    Untuk persiapan teknis juga tidak ketinggalan, tim IT dan operator sekolah sudah mempersiapkannya dengan sangat matang, mulai dari pendataan siswa peserta ujian dan sinkronisasi jaringan dan peralatan.

    Dalam sambutannya, kepala SMP Islam Cendekia Cianjur, H. Bambang Zainal Arifien, S.Sy mengungkapkan bahwa dengan diadakannnya UNBK ini menjadi tantangan yang sangat  besar bagi SICC, dengan diadakannya UNBK ini diharapkan selain siswa mencapai kelulusan dan menguasai bidang akademik, juga diharapkan siswa mahir dalam bidang IT sebagai  bekal mereka di masa yang akan datang.

    Demikian juga dis1aikan oleh wakil kepala bidang kurikulum, Andri Nasikin, S.Pd menyatakan walaupun UNBK baru pertama kali dilaksanakan, namun alhamdulillah siswa dapat melaksanakan nya dengan baik dan lancar, hal ini tidak lepas dari latihan-latihan  seperti simulasi UN serentak yang dilaksankan oleh pemerintah, maupun simulasi yang dilaksankan secara intern yang dibuat oleh tim IT berupa aplikasi yang menyerupai aplikasi UN dengan soal-soal yang dibuat oleh guru mata pelajaran.