RANGKAIAN ACARA GEBYAR 1 MUHARAM 1438 H

  • SitiMaya (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2016-10-18 17:00:00 - Kategori : BERITA

    RANGKAIAN ACARA GEBYAR 1 MUHARAM 1438 H

    (Cianjur/1 Oktober 2016)

    Turut memeriahkan hari besar islam, yaitu pergantian tahun baru islam 1 Muharam 1438 H,  siswa-siswi cendekia melakukan pawai karnaval di sekitaran jalan Pramuka.

    Pawai dimulai pukul 7.30. pasukan pertama adalah marching band kebanggaan yaitu Genta Nada Cendekia serta turut dibelakang berbaris siswa putra dan putri yang dikelompokan menurut asramanya masing-masing.

    Setiap asrama memeriahkan pawai dengan memakai kostum dan membawa atribut sesuai tema yang mereka pilih. Adapun tema utama gebyar Muharam tahun ini adalah “hidup mulia, atau mati syahid”. Tema ini diwujudkan tiap asrama dengan ide mereka masing-masing. Ada asrama yang bahkan menyiapkan tandu, sebagai perwujudan pahlawan syahid yang gugur dijalan Alloh.

     

    Pawai berlangsung meriah, dikawal secara ketat oleh pihak keamanan dan para dewan asatidz serta bekerja sama dengan pihak kepolisian resort karangtengah. Adapun rute yang dilalui yaitu start dari SMP Islam Cendekia berputar arah di sekitar Gedung Pertemuan Herlina Mutiara, lalu berakhir kembali di SICC. Masyarakat sekitar terlihat antusias dengan parade para siswa tersebut.

     

    Dalam wawancara singkat dengan Bapak Kepala Sekolah, beliau berharap dengan kegiatan gebyar Muharam 1438 H di lingkungan SICC pada prinsipnya adalah sebagai momentum untuk melakukan muhasabah (introspeksi diri) dari apa yang telah kita lakukan pada tahun sebelumnya, awal Muharam sebagai tahun baru Islam harus dimaknai sebagai tahun perubahan (Hijrah) sebagaimana yang telah dilakukan oleh Rasulullah, dan saat ini yang perlu kita laksanakan adalah merubah yang asalnya kurang, belum, atau tidak baik menjadi baik, dan yang asalnya sudah baik menjadi lebih baik lagi dalam rangka mencapai ridho Allah SWT.

     

    Selepas kegiatan pawai, kemudian dilanjutkan dengan penilaian lomba yel-yel asrama di Lapangan Futsal SICC. Para siswa per-asrama men1ilkan yel-yel sekaligus atribut pawai yang telah disiapkan. Pen1ilan tersebut dinilai oleh dewan asatid. Ada sekitar 20 asrama yang berkontribusi dalam kegiatan ini. Jumlah tersebut berkurang karena kelas 7 masih dalam kegiatan pembelajaran bahasa inggris di Pare. Selepas penilaian lomba yel-yel, acara dilanjutkan dengan tausiyah di Aula SICC.

    Kegiatan masih belum usai, suasana ceria perayaan Muharam kemudian dilanjutkan setelah makan siang dengan berbagai kegiatan perlombaan seperti Musabaqah Hafidz Qur’an (MHQ),  (Musabaqah Syarhil Qur’an) MSQ, Ceramah, Adzan, dan Menggambar. Perlombaan berlangsung hingga pukul 15.00.

    Acara kemudian dilanjutkan dengan nonton film bersama, serta pengumuman para pemenang lomba. Adapun para juara dalam gelar lomba gebyar Muharam ini adalah :

    No

    Lomba

    Juara

    1

    Yel-yel Asrama

    1. Asrama Putri 4A
    2. Asrama Putra 5B
    3. Asrama Putra 3A dan 6A

    2

    Musabaqah Hafidz Quran

    1. Ilham (Aspa 6A)
    2. Araz (Aspa 5A)
    3. Vina (Aspi 8 A)
    4. M. Padilatul Umam (Juara Favorit)

     

    3

    Ceramah

    1. Abim (Aspa 2B)
    2. Sulthan (Aspa 3A)
    3. Adhil F (Aspa 1B)

     

    4

    Adzan

    1. M. Dzikri (Aspa 6A)
    2. Naufal (Aspa 4B)
    3. Aditya (Aspa 3A)

    5

    Menggambar

    1. Adinda &1; Devina (Aspi 7A)
    2. Yusuf &1; Dinar (Aspa 5A)
    3. Nazla &1; Raissa (Aspi 4A)

     

    Selamat untuk para juara! Semoga berkah pergantian Tahun Baru Islam ini menjadi berkah bagi seluruh umat Islam di dunia, terutama untuk keluarga besar SICC. (sitijahrotulwardiyyah)