BUGAR BERSAMA, SEHAT JASMANI DAN ROHANI

  • Hilman A (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2016-11-30 17:00:00 - Kategori : BERITA

    BUGAR BERSAMA, SEHAT JASMANI DAN ROHANI

    SABTU SERU!!!

    (Wujud nyata mens sana in corporesano)

    Oleh:Aisyah Nurlaela, S.Pd

    “Mens sana in corpore sano”, tepat sekali pepatah lama  dalam bahasa latin tersebut, yang artinya “dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang sehat” atau “jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat” , namun sering pula orang mengatakan” di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, Hal ini bisa dibuktikan apabila tubuh kita sehat dan bugar, tentu saja fikiran kita juga akan segar dan fit, tetapi apabila tubuh kita kurang sehat, lelah, letih, lesu ,itu akan berpengaruh juga terhadap  fikiran kita, daya ingat kita,dan semangat kerja kita. Begitu juga sebaliknya, apabila fikiran kita sedang tidak enak, dalam keadaan sedih, kurang mood,akan mempengaruhi kinerja dan aktifitas kita sehari-hari.

    Namun ,jauh sebelum adanya pepatah dalam bahasa latin tersebut, Allah  SWT sudah terlebih dahulu berfirman dalam kalamnya  bahwa beliau lebih mencintai mu`min yang kuat daripada mu`min yang lemah,kuat disini bisa diartikan kuat secara fisik(jasmani)dan psikis(rohani).Sehat jasmani tentu saja tidak semata-mata Allah memberikan kesehatan yang instan terhadap makhluknya, ada yang disebut syari`at  dan hakikat, syari`at supaya kita tetap diberikan sehat oleh Allah tentu saja melalui tahapan-tahapan proses yang harus kita lalui,diantaranya: menjaga kesehatan sebagai modal awal atau aset dari Allah, menjaga asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari, menghindari makanan-makanan yang akan menimbulkan penyakit terutama bagi mereka yang mempunyai penyakit tertentu, menjaga keseimbangan asupan gizi, menghindari stres, jangan terlalu memforsir tubuh dengan terlalu banyak bekerja yang berakibat sakit,istirahat yang cukup, imbangi dengan banyak muhasabah,ibadah kepada Allah,dan jangan lupa berdoa dan berolah raga.

    Sehat jasmani dan sehat rohani juga sudah dicontohkan oleh panutan kita ,rosululloh SAW, beliau sudah memberikan contoh dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh,salah satunya dengan olahraga lari,berkuda, dan memanah, ke semuanya sudah dicontohkan oleh beliau dan dis1aikan dalam hadis-hadis yang soheh.

    Dengan demikian, erat sekali kaitannya antara kesehatan fisik (jasmani)juga kesehatan psikis (rohani).

    Bicara tentang kesehatan jasmani dan rohani, alhamdulillah di sekolah kami tercinta telah memadukan kegiatan yang mendukung terlaksananya keseimbangan antara kesehatan jasmaniyah dan rohaniyah, salahsatu pendukung terciptaya kesehatan fisik seluruh warga belajar adalah dengan diadakannya kegiatan “bugar bersama” sebagai salah satu program trias UKS SMP Islam Cendekia Cianjur dengan dikomandoi oleh koordinator UKS Ibu Santi,S.Pd. Acara tersebut merupakan acara senam yang dilaksaakan setiap hari sabtu sekitar pukul 7 pagi, yang diikuti oleh seluruh warga belajar, dan dipandu oleh siswa perkelas secara bergantian setiap sabtunya, tentu saja dibimbing oleh guru olahraga. Salahsatu senam yang dilaksanakan adalah  SKJ Pramuka,namun tak jarang siswa/siswi membuat kreasi sendiri gerakan senam dan musik senam yang mengiringi nya pun dibuat bervariasai,bahkan Bu Devi salahsatu guru olahraga SICC meny1aikan harapan nya ke depan untuk menciptakan kreasi gerakan senam dan musik pengiringnya khusus untuk SICC ,”tentu saja gerakannya harus disesuaikan dengan keberadaan kita sebagai sekolah yang islami ”,beliau menambahkan.

    Untuk menyeimbangkan kesehatan jasmani dan rohani, setelah kegiatan selesai, lalu istirahat sebentar, sambil menuju ke mesjid Annisa, dibudayakan juga program GPS(gerakan pungut s1ah), jadi setiap kali warga belajar melihat ada s1ah di sekitarnya, harus dipungut dan dibuang ke tempat s1ah yang sesuai apakah termasuk organik atau anorganik. Kemudian dilanjutkan dengan pengajian yang dipimpin oleh Al Ustadz Ghazali Rahman yang merupakan pengawas yayasan Pribadi Kamila.pengajian dilaksanakan tepat pukul 9, diantara kitab yang dibaca adalah kitab Alhikam yang didalamnya terkandung begitu banyak ajaran tentang beribadah dan bersosialisasi, setelah pengajian alhikam,dilanjutkan dengan wejangan-wejangan,terutama mengenai akhlak terhadap Allah dan sesama mahluk,beliau selalu meny1aikan dengan penuh semangat, penuh wibawa namun tidak kaku karena  sering juga disertai dengan gurauan-gurauan yang membuat suasana menjadi hangat dan akrab.setelah pengajian selesai ditutup dengan riyadlhoh dzikir,  ini merupakan  sesi dimana seluruh jiwa tertuju pada dzat yang maha pencipta, kita semua berdzikir dan mengagungkan Allah , karena dzikir yang berkumandang terlantun begitu khidmat dan syahdu, tak jarang kami  menitikkan airmata, menangis! karena selain terharu akan kebesaran Allah, juga syahdunya lantunan dzikir yang menggetarkan hati membuat kami tak kuasa membendung air mata, teringat betapa kecilnya kita di hadapan Allah. Tidak salah memang yayasan mengadakan program acara ini, selain tadi berharap agar semua pendidik dan tenaga pendidik memiliki fisik yang sehat ,juga memiliki jiwa yang kuat, optimis, peka terhadap lingkungan sekitar, bebas dari semua penyakit hati seperti hasud ,iri , dengki,dan tiada lain tentu saja supaya menambah tali silaturrahim diantara seluruh staf yayasan, pendidik  serta tenaga pendidik di lingkungan SICC,terbukti setelah selesai nya acara riyadlhoh dzikir ,dalam keadaan hati yang suci dan ikhlas diadakan musafahah dan sebagai acara penutup diadakan ramah tamah  dengan suguhan es alpukat yang dingin,  legit, dengan tambahan susu kental yang manis,subhaanalaoh! Begitu nikmatnya kebersamaan kami, semanis dan sesegar es yang  disuguhkan !,hee… terimakasih, ya Allah !kami dipersatukan di sekolah yang solid ini semoga bertambah tali kekeluargaan di antara kami!, dan tentu saja semakin sehat, bugar, jasmani dan rohani! Amiin.

    Acara belum selesai, disambung dengan evaluasi yang dipandu oleh tim kurikulum,didalamnya membahas hasil kerja selama sepekan ,dan persiapan menghadapi pekan berikutnya.

    Acara yang tak kalah menarik nya adalah pembagian hasil panen kebun,yeeaah…. karena musim panen jagung, akhirnya guru dan tenaga pendidik kebagian hasil panen jagung dari kebun sekolah, alhamdulillah! Terimakasih atas semua kebersamaan ini!.

    Alhamdulillah yaa Allah!, semoga kami selalu sehat jasmani dan rohani, semoga SICC semakin berkah! dan semoga kami dipertemukan lagi di akhirat nanti dalam kebersamaan dan dalam keadaan  selamat, indah, tentram dan damai, amiin Allah yaa robbal alamiin!.  (Aisyah Nurlaela, S.Pd)