PROGRAM EUREKA: TEROBOSAN BARU PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA DAN MATEMATIKA

  • SitiMaya (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2016-09-27 17:00:00 - Kategori : BERITA

    PROGRAM EUREKA: TEROBOSAN BARU PERANGKAT PEMBELAJARAN  IPA DAN MATEMATIKA

    Cianjur, SMP Islam Cendekia Cianjur

    Program eureka merupakan sebuah program yang didalamnya terdapat pembelajaran kolaboratif yang dikemas dalam bentuk aplikasi lalu dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing mata pelajaran terutama sains dan matematika. Program ini menitikberatkan kepada proses project base learning, learning by doing, serta experencial learning. Tentunya ketiga proses ini akan membuat peserta didik nyaman belajar dan dapat mengembangkan kreativitasnya secara nyata bahkan membuat karya nyata yang inovatif. Ketiga proses itupun dapat meningkatkan dan memantapkan proses belajar dan mengajar yang efektif, unggul dan profesional.

    Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis (15/09/2016) di Mesjid Annisa. Dewan guru sangat antusias dalam mempelajari dan memperdalam program eureka ini. Bahkan Bapak Dindin Alawi, S.Pd sebagai guru Mata Pelajaran Matematika mencoba mempraktikan bagaimana menghitung volume tabung dengan menggunakan aplikasi yang terdapat di dalam program eureka, dan ternyata penggunaan aplikasi ini begitu sederhana sehingga akan mudah dimengerti apabila langsung dipraktekan kepada siswa di depan kelas. Begitu pula dengan Ibu Dewi Kurnia, S.Pd, beliau menjelaskan materi pembelajaran IPA dengan penjelasan dan penggunaan gambar yang seakan-akan nyata. Pada intinya penggunaan program eureka ini mempermudah proses pembelajaran di dalam kelas.

    “Terimakasih atas dukungan peralatan yang betul-betul sangat bermanfaat dan insyallah dapat memajukan SICC” Ujar Bapak Lucky Hermawan, sebagai Ketua Yayasan kepada Bapak Pembina Yayasan Pribadi Kamila. Kami pun, baik kepala sekolah dan juga dewan guru mengucapkan banyak terimakasih atas fasilitas pembelajaran yang telah diberikan, semoga kami semua dapat menjadi pendidik yang profesional dan amanah serta melahirkan peserta didik yang unggul. (Siti Maya Rahmayanti)