PROGRAM TAHFIDZ: SMP ISLAM CENDEKIA CIANJUR MENUJU DAN MEMBENTUK GENERASI QUR’ANI

  • SitiMaya (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2016-08-21 17:00:00 - Kategori : BERITA

    PROGRAM TAHFIDZ: SMP ISLAM CENDEKIA CIANJUR  MENUJU DAN MEMBENTUK GENERASI QUR’ANI

    Cianjur, SMP Islam Cendekia  

    Al-Quran adalah Manhajul Hayat atau pedoman hidup bagi orang Islam. Salah satu cara untuk mempermudah dalam memahami dan mengamalkan Al- Quran adalah dengan menghafalnya. Generasi sahabat Rasulullah adalah generasi yang hafal Al-Quran bahkan salah satu alasan dikumpulkan dan ditulisnya Al-Quran adalah karena kekhawatiran salafushalih akan hilangnya  Al-Quran dari umat islam yang disebabkan banyaknya sahabat penghafal quran yang yang syahid pada medan jihad.

    Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Quran dan mengajarinya (HR. Al Bukhari). Atas dasar itulah kami keluarga SMP Islam Cendekia Cianjur berusaha untuk menuju generasi qur’ani. Membentuk peserta didik yang hafal dan bahkan mengamalkan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari dengan sebaik-baiknya. Program tersebut dinamakan program Tahfidz. Program ini dilaksanakan setiap sore hari setelah shalat asyar. Anak-anak menyebutnya sebagai kegiatan belajar sambil bermain, karena dengan motivasi dari para pendidik membuat program tahfid ini terasa menyenangkan bagi anak.

    Adapun hasil dari tahfidz ini, salah satu peserta didik ada yang sudah hafal sebanyak 20 Juz. Qonitah Nurul Karimatun, “motivasi dalam menghafal Al-Quran adalah ingin menjadi amalan yang mengalir bagi kedua orang tua selain itu ingin menjadi bagian keluarga Allah di Surga” tutur Qonitah dengan semangat. Selain itu, beberapa peserta didik ada yang sudah hafal satu bahkan dua juz Al-Quran dalam waktu tiga bulan. Prestasi yang begitu luar biasa. “Aku harus bisa hafal Al-Qur’an sebulan satu Juz” kata Sarah. Aamiin aamiin ya Rabb. SMP Islam Cendekia Cianjur siap menuju dan membentuk generasi Qur’ani. (Siti Maya Rahmayanti)