OBSERVASI TANAMAN OBAT BEKAL SISWA JADI SEHAT DAN HEBAT

  • Ridho Hamzah, M.Pd. (Penerbit)
  • Diterbitkan pada :2017-03-30 17:00:00 - Kategori : BERITA

    OBSERVASI TANAMAN OBAT BEKAL SISWA JADI SEHAT DAN HEBAT

    Dalam rangka memberikan pengayaan pembelajaran bagi semua siswa SMP, guru dapat mengajak anak didiknya untuk mengawasi dengan teliti pada  lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, lingkungan alam, dan lingkungan lainnya. Dari kegiatan ini diharapkan agar siswa menjadi kaya akan pengetahuan dan pengalamannya.

    Pada kesempatan ini (Kamis, 19/1/2017) penyelenggaraan pendidikan kesehatan sebagai salah satu program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SICC, maka pembina mengajak sebanyak 40 orang siswa SMP Islam Cendekia Cianjur (SICC) terdiri dari putra 14 orang (Alwa Prananda Saiman Al Faruq, dan kawan-kawannya) dan putri 26 orang (Lintang Nasywa Ainun, dan kawan-kawannya) sebagai Kader Kesehatan Remaja (KKR) SICC melakukan observasi terhadap tanaman obat di Kebun Raya Cibodas Cipanas Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Obervasi ini dibimbing oleh bu Santi, S.Pd. dan bu Indri Nuzuliati, S.Pd.

    Tujuan observasi ini dilakukan untuk memberikan ilmu secara langsung bagi siswa tentang  tanaman herbal/ tanaman obat. Para KKR SICC sebagai perwakilan dari 458 orang siswa SICC yang akan akan menjadi tutor sebaya untuk meny1aikan/ menjelaskan kepada teman-temannya tentang manfaat tanaman herbal/ tanaman obat bagi kesehatan diri sendiri, keluarga, lingkungan tetangga, sekolah, dan sebagainya.

    Selain observasi tanaman obat mereka juga dikenalkan kepada berbagai species tumbuhan yang ada di sekitar tanaman obat Kebun Raya Cibodas. Observasi ini  dipandu oleh pak Rustandi dan pak Efendi (dosen Universitas Islam Negeri) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)/ Cibodas Botanic Gardens Indonesian Institute of Sciences.

     

    Ridho Hamzah

    http://www.kompasiana.com/cendekiacianjur/observasi-tanaman-obat-bekal-siswa-jadi-sehat-dan-hebat_5881639c379773d70d418275