MUHADOROH, SEBAGAI SARANA PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DAN PEMBIASAAN PENGGUNAAN BAHASA ASING

  • SitiMaya (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2016-10-02 17:00:00 - Kategori : BERITA

    MUHADOROH, SEBAGAI SARANA PELATIHAN PUBLIC SPEAKING  DAN PEMBIASAAN PENGGUNAAN BAHASA ASING

    Cianjur, SMP Islam Cendekia Cianjur

    Sebagai sekolah yang berbasis Islam tentu tidak asing dengan kata Muhadoroh. Muhadoroh sering diartikan sebagai kegiatan pidato semata. Namun berbeda dengan Muhadoroh yang dilaksanakan di SMP Islam Cendekia Cianjur, Muhadoroh dikemas semenarik mungkin dan menjadi sarana pelatihan public speaking. Setiap pelaksanaan muhadoroh, siswa dituntut untuk bisa mengasai podium dan berbicara di depan audiens. Proses ini menuntut siswa dan siswi untuk bisa belajar, berlatih dan membiasakan diri untuk t1il dan berbicara di depan umum. Selain itu,  kegiatan muhadoroh dilakukan dalam tiga bahasa, yakni Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia. Penggunaan tiga bahasa ini diharapkan dapat melatih siswa menjadi terbiasa dalam penggunaan bahasa asing.

    Pada hari ini, Sabtu (09/09/2016) SMP Islam Cendekia Cianjur melaksanakan kegiatan Muhadoroh Akbar dengan tema “Pemuda hari ini adalah pemimpin hari esok” dengan harapan tema ini menjadi sebuah doa. Selain diisi oleh pidato Bahasa Inggris oleh Algan, Bahasa Arab  oleh Vianita Shofandi dan Bahasa Indonesia oleh Dzikri Hasna, kegiatan ini pun dimeriahkan dengan pen1ilan cendekia voice, marawis, acoustic, dan pembacaan puisi. Siswa dan siswi sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

    Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang sangat baik dai Bapak Pembina Yayasan Pribadi Kamila. Canggihnya tekhnologi mempermudah segalanya, bahkan kegiatan ini langsung live di media sosial youtube dengan link http://y2u.be/u537-r51zY  sehingga dapat di akses dengan sangat mudah. Bapak Kepala Sekolah, H. Bambang Zainal Arifien, S. Sy dan Bapak Andri Syarief, S.Pd sebagai panitia pelaksana mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini.

    Harapannya dengan adanya muhadoroh ini, siswa dan siswi tidak hanya public speakingnya saja yang terlatih fasih namun juga menjadi terbisa dalam penggunaan bahasa asing, sehingga SMP Islam Cendekia Cianjur menjadi sekolah dengan siswa dan siswi yang unggul dalam segala bidang. (Siti Maya Rahmayanti)