DOKTER KECIL CENDEKIA, MENJAGA SEKOLAH SEHAT TETAP SEHAT

  • SitiMaya (Penerbit)
  • Diterbitkan pada :2016-12-09 17:00:00 - Kategori : BERITA

    DOKTER KECIL CENDEKIA, MENJAGA SEKOLAH SEHAT TETAP SEHAT

    Cianjur, SMP Islam Cendekia Cianjur

    Dokter! Siapa yang tidak tertarik dengan profesi ini. Setiap anak yang baru saja mengenal cita-cita, kebanyakan ingin menjadi seorang dokter. Profesi yang menyenangkan menurut mereka. Profesi yang mulia. Menjadi seorang dokter adalah mimpi bagi siapapun, Menjadi seorang dokter tentu tidak mudah, semuanya butuh proses. Prosesnya dari kapan? Sejak dini tentunya.

    Anak kecil pun bisa menjadi seorang dokter, sebagai bentuk motivasi, pengalaman dan latihan sebelum menjadi seorang dokter profesional. Dokter kecil namanya. Dokter kecil ini berkembang di setiap sekolah, mulai dari jenjang TK, SD bahkan SMP. Dokter kecil merupakan siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. Dari sinilah siswa belajar.

    Hal di atas pun sejalan dengan pendapat yang diungkapkan oleh Bapak Andri Nasikin, S.Pd, sebagai Wakasek Kurikulum yang mengungkapkan bahwa dokter kecil ini sebagai awal dari pencapaian cita-cita sehingga mereka lebih termotivasi dan terinspirasi dalam meraih cita-cita, beliau pun sangat mendukung dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh dokter kecil ini, selain sebagai motivasi, juga melatih skill anak baik dalam sisi kemanusiaan, sosial dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

    Adapun tugas dokter kecil di sekolah, terutama di SMP Islam Cendekia Cianjur yaitu selalu bersikap dan berperilaku sehat, dapat menggerakkan sesama teman-teman siswa untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing atau prilaku hidup bersih dan sehat, berusaha bagi tercapainya kesehatan lingkungan yang baik di sekolah maupun di rumah, membantu guru dan petugas kesehatan pada waktu pelaksanaan pelayanan kesehatan di sekolah dan berperan aktif dalam rangka peningkatan kesehatan, diantaranya sepekan Fe, PHBS, sepekan penimbangan BB dan TB di sekolah, pemeriksaan gigi, mata, telinga dan kegiatan lainnya.

    Dokter dokter kecil yang teradapat di SMP Islam Cendekia Cianjur diantaranya Mentari Dewi, Salsabila Fathur Rahman, Devina Safrah Hadi, Muhammad Radam Aljanuri, Muhammad Reza Adithya dan Najmi Ahmad Najmuddin Sanusi. Selain menjadi seorang dokter kecil mereka pun adalah seorang duta, yaitu Duta Kesehatan, Duta Go Green, dan Duta Konselor sebaya yang tentunya sudah terlatih baik dalam hal pertolongan pertama pada kecelakaan, pertolongan pertama pada penyakit dan cara pencegahannya.

    “Menjadi seorang dokter kecil di sekolah itu menyenangkan Bu, Tari jadi tahu bagaimana caranya menjadi dokter beneran dan setidaknya Tari jadi tahu bagaimana cara memeriksa diri sendiri kalau Tari sakit, dan semoga Tari bisa menjadi dokter besar, jadi dokter kalau sudah besar”. Ujar Mentari Dewi sebagai salah satu dokter kecil di SMP Islam Cendekia Cianjur.  Harapan mentari pun menjadi harapan kita semua. (Siti Maya Rahmayanti)