Laboratorium Komputer Sebagai Kebutuhan dan Faktor Pendukung Belajar Menyenangkan Siswa SMP

  • Ridho Hamzah, M.Pd. (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2016-11-01 17:00:00 - Kategori : BERITA

    Laboratorium Komputer Sebagai Kebutuhan dan Faktor Pendukung Belajar Menyenangkan Siswa SMP

    Cianjur, cendekia.sch.id

    ---

    Penjelasan UUD 1945 Pasal 31, ayat 3 Pasal 31, ayat 5 tentang fungsi dan tujuan pendidikan diuraikan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Pasal 3 menyebutkan, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kem1uan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

    Untuk mencapai fungsi dan tujuan di atas, maka pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional berpusat pada siswa agar dapat: (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk m1u melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Untuk menjamin terwujudnya hal tersebut diperlukan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana yang memadai tersebut harus memenuhi ketentuan minimum yang ditetapkan dalam standar sarana dan prasarana. (Sudibjo, 2007).

    Sarana adalah perlengkapan pembelajaran yang dapat dipindah-pindah atau segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Sedangkan Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses atau fasilitas dasar untuk menjalankan fungsi sekolah/ madrasah. (Sugono, 2008).

    Di antara standar sarana dan prasarana untuk mencapai fungsi dan tujuan tersebut yaitu teknologi informasi dan komunikasi yang merupakan satuan perangkat keras dan lunak yang berkaitan dengan akses dan pengelolaan informasi dan komunikasi. Oleh karena itu maka di sekolah harus ada ruang laboratorium komputer yang merupakan ruang untuk pembelajaran secara praktik yang memerlukan peralatan komputer.

    Adapun standar sarana dan prasarana ruang laboratorium komputer untuk SMP yang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah/ Madrasah Pendidikan Umum tersebut yaitu ruang laboratorium komputer yang dijelaskan di bawah ini.

    1. Ruang Laboratorium komputer berfungsi sebagai tempat mengembangkan keter1ilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.
    2. Ruang laboratorium komputer dapat men1ung minimum satu rombongan belajar yang bekerja dalam kelompok @ 2 orang.
    3. Rasio minimum luas ruang laboratorium komputer adalah 2 m2/siswa. Untuk rombongan belajar dengan siswa kurang dari 15 orang, luas minimum ruang laboratorium komputer adalah 30 m2. Lebar minimum ruang laboratorium komputer adalah 5 m.
    4. Ruang laboratorium komputer dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada tabel di bawah ini.

    Tabel Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Laboratorium Komputer

    No

    Jenis

    Rasio

    Deskripsi

     

    1

    Perabot

     

     

     

    1.1

    Kursi peserta

    didik

    1 buah/ peserta didik

     

    Kuat, stabil, aman dan mudah dipindahkan oleh siswa. Ukuran memadai untuk duduk dengan nyaman. Desain dudukan dan sandaran membuat siswa nyaman belajar.

     

    1.2

    Meja

    1 buah/ 2 peserta didik

     

    Kuat, stabil, dan aman. Ukuran memadai untuk men1ung 1 unit komputer dan siswa bekerja berdua. Jika CPU diletakkan di bawah meja maka harus mempunyai dudukan minimum setinggi 15 cm. Kaki siswa dapat masuk ke bawah meja dengan nyaman.

     

    1.3

    Kursi guru

    1 buah/ guru

    Kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan. Ukuran kursi memadai untuk duduk dengan nyaman.

     

    1.4

     

    Meja guru

     

    1 buah/ guru

    Kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan. Ukuran memadai untuk bekerja dengan nyaman.

     

    2

    Peralatan Pendidikan

     

     

    2.1

    Komputer

    1 unit/ 2 peserta didik, ditambah 1 unit untuk guru

    Mendukung penggunaan multimedia. Ukuran monitor minimum 15".

     

     

    2.2

    Printer

    1 unit/ lab

     

     

    2.3

    Scanner

    1 unit/ lab

     

     

    2.4

    Titik akses Internet

    1 titik/ lab

    Berupa saluran telepon atau nirkabel.

    2.5

    LAN

    Sesuai banyak komputer

    Dapat berfungsi dengan baik.

    2.6

    Stabilizer

    Sesuai banyak komputer

    Setiap komputer terhubung dengan stabilizer.

    2.7

    Modul praktik

    1 set/ komputer

    Terdiri dari sistem operasi, pengolah kata, pengolah angka, dan pengolah gambar.

    3

    Media Pendidikan

     

     

    3.1

    Papan lulis

    1 buah/ lab

    Kuat, stabil, dan aman. Ukuran minimum 90 cm x 200 cm. Ditempatkan pada posisi yang memungkinkan seluruh siswa melihatnya dengan jelas.

    4

    Perlengkapan Lain

     

     

    4.1

    Kotak kontak

    Sesuai banyak komputer

     

    4.2

    Tempat s1ah

    1 buah/ lab

     

    4.3

    Jam dinding

    1 buah/ lab

     

    SMP Islam Cendekia Cianjur (SICC) memiliki fasilitas ruang laboratorium komputer sebagai kebutuhan dan faktor pendukung belajar yang menyenangkan bagi siswa-siswinya. Ruang laboratorium komputer SICC tersebut sesuai dengan penjelasan di atas. Fasilitas ini dapat menunjang komptensi lulusan SICC yang menguasai dasar-dasar teknologi informasi.

     

    Daftar Pustaka

    Kesowo, Bambang. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.

    Sudibyo, Bambang. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana Dan Prasarana Sekolah/ Madrasah Pendidikan Umum. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional RI.

    Sugono, Dendy. 2008. Kamus Besar Basar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional RI.