Komunitas Pohon Indonesia Generasi Cendekia Generasi Pemelihara

  • Hilman A (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2016-11-30 17:00:00 - Kategori : BERITA

    Komunitas Pohon Indonesia Generasi Cendekia Generasi Pemelihara

    Cianjur, Jumat/7 Oktober 2016

    Menjalin kerjasama sejatinya tentu membuahkan hasil yang sama-sama menguntungkan. Tapi pada prinsipnya kerjasama itu haruslah dilandasi dengan tujuan silaturahmi terlebih dahulu. Silaturahmi yang dijalin SMP Islam Cendekia, dengan berbagai instansi pun pada dasarnya adalah tujuan menjalin ukhuwah islamiyah, masalah saling menguntungkan adalah hal lain.

    Kerjasama baru alhamdulillah selesai terjalin antara Cendekia dengan KPI (Komunitas Pohon Indonesia). Silaturahmi sendiri dilaksanakan di Aula SMP Islam Cendekia sekaligus pemberian penyuluhan kepada siswa-siswi.

    KPI memberikan informasi yang luas kepada siswa-siswi tentang pentingnya pohon, bagaimana pohon dapat menunjang kehidupan manusia. Siswa diajak untuk membagi pandangan baru, melihat pohon sebagai mahluk hidup yang harus disayangi, karena keberadaan pohon sangat membantu manusia. Jangan hanya dipandang sebagai penghasil oksigen, atau penyerap air.

     

    Acara penyuluhan kemudian dilanjutkan dengan visitasi keliling sekolah. Sebagai sekolah yang mengedepankan misi green school, Cendekia mempunyai lebih kurang 150-an tumbuhan berkayu (pohon) yang terpelihara dengan baik. Menyadari potensi sekolah yang luar biasa, KPI kemudian memberikan beberapa masukan pohon yang bisa tumbuh dengan baik di keadaaan tanah sekolah. Saran lainnya yaitu mengenai keadaan tanah Cendekia yang cenderung subur air, KPI berpendapat untuk baik pula membuat biopori di kawasan tertentu. Persiapan bantuan lainnya adalah pelabelan nama pohon sesuai dengan jenis pohon tersebut. Misalnya untuk mangga, termasuk mangga gedong, harum manis, cengkir atau yang lainnya. Dalam kesempatan itu pula, General Manager Sarana Prasarana - Yayasan Pribadi Kamila (yayasan yang menaungi SMP Islam Cendekia Cianjur), Ir. Djokowiseno menunjukan mata air yang terus mengalir dan aman untuk diminum.

         

    Semoga ke depan, Generasi Cendekia, dapat menjadi Generasi Pemelihara. Pemelihara tidak hanya agama dan kehidupan, tapi setiap komponen dalam kehidupan termasuk di dalamnya pohon. Kerjasama dengan KPI ini semoga menjadi ukhuwah yang terjalin kuat, yang tujuan utamanya adalah mengedepankan agama Islam sebagai agama yang luarbiasa. Cendekia Juara! (sitijahrotulwardiyyah)