Ikut “Nyantri” di Milad Kompasiana

  • Hj. Aisyah Nurlaela , S.Pd (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2016-11-30 17:00:00 - Kategori : BERITA

    Ikut “Nyantri” di Milad Kompasiana

    Sabtu (22, Oktober 2016) merupakan momen yang  bersejarah bagi para santri di seluruh nusantara,bagaimana tidak! Tanggal tersebut merupakan moment dimana para santri diberi kesempatan untuk menumpahkan segala macam kreatifitas,bakat,keter1ilan, dan bahkan aspirasinya.Di hari  tersebut , ribuan bahkan jutaan santri  turun ke jalan untuk melaksanakan pawai  dalam rangka memeriahkan hari santri,ada juga yang melaksanakan berbagai macam perlombaan keagamaan, kerja bakti, bakti sosial dan sebagainya.sejak diresmikannya pada tanggal 22 Oktober 2015,hari santri disambut baik dan antusias oleh masyarakat, terutama kalangan pondok pesantren dan ummat islam pada umumnya.

    Bertepatan dengan tanggal tersebut, media tulis warga sebagai sarana silaturahim antar penulis dan pembaca yaitu kompasiana, juga berulang tahun,genap sudah usianya 8 tahun.di usiaya yang relatif masih muda,kompasiana telah banyak sekali menelurkan para pecinta kreatifitas menulis, para “pendekar pena” ,para pengamat olahraga,cerpenis,pujangga muda,wartawan junior,wartawan senior,editor,motivator ,dari yang sudah melanglangbuana seperti Kompasianer Pak Ferly Norman, Imam prasetyo, Indria  Salim(dengan puisinya yang penuh motivasi),Ujang ti Bandung, Afifudin Lubis, Natalia Kusuma, Hairi Hasbi(dengan tips-tips nya sebelum gajian tiba,saya suka ini Pak!)dll,dan yang masih kurang “pede” seperti  saya, hehe...,kompasiana pantas mendapatkan sebutan media baca tulis,ajang  silaturrahim, ajang pencari bakat, ajang kompetisi, ajang motivasi, ajang adu pendapat,bahkan ajang curahan hati penulis! Dan merupakan media berita yang  aktual ,faktual dan lain-lain.

    Berhubung  dengan  judul di atas, pantas kiranya saya sebagai penulis pemula  yang masih bau kencur ini memohon izin kepada seluruh anggota kompasiana(kompasianer) untuk mengucapkan salam kenal , dan mohon izin bergabung kepada yang  terhormat admin kompasiana,pantas juga kiranya saya ikut “nyantri” di sini ,jadi kebetulan kalau kata orangtua mengatakan harus “ngitung-ngitung”kalau mau melaksanakan hajat tertentu, tidak ada salahnya pepatah orangtua tersebut,memang dalam melaksanakan sesuatu kita harus merencanakanya dengan matang,nah kaitannya dengan ini, saya sudah lama sekali ingin menulis dan menumpahkan segala ide saya di kompasiana, namun baru kali ini saya bisa menyempatkan diri,ya mudah-mudahan di hari santri ini ( walaupun sudah kelewat)menjadi momen yang berkah dan menjadi awal yang baik  yang tidak terlupakan!.

    Seperti halnya “santri” yang masih baru,tentu saja saya masih banyak sekali kekurangan dan ketinggalan jauh oleh rekan-rekan para penulis yang telah lama malang melintang di kompasiana tercinta ini,namun demikian, saya tidak akan patah arang, mudah-mudahan seiring berjalannya waktu saya pun dapat menyusul rekan-rekan dalam menghasilkan berbagai macam karya dari ide-ide yang tak akan ada hentinya mengalir selagi masih ada kehidupan,saya yakin ide akan datang kapan saja, dimana saja,dan dari siapa saja!,so, jangan pernah berhenti menulis!dan jangan pula berhenti membaca!karena erat sekali kaitannya antara membaca dan menulis, karena tulisan akan berbobot apabila diiringi dengan kegiatan membaca ,dalam hal ini tentu saja membaca merupakan referensi tambahan atau layaknya “bumbu” dalam melengkapi “racikan “ tulisan “spektakuler” kita.Mari kita realisasikan perjuangan para santri yang diikrarkan oleh mujahid kita pada resolusi santri Nahdlotul ulama dalam mengusir penjajah pada masa kolonial ! Dengan berkarya, menopang senjata pena ,kita ikut andil dalam melawan kebodohan, kemalasan, keterbelakangan,ketidak adilan,dan sebagainya.Berjihad tidak harus melulu mengangkat senjata dalam mengusir penjajah,tetapi dengan kita mengangkat senjata kita  berupa pena ini, (alat tulis lainnya)kita bisa berdakwah menebarkan syiar islam, menularkan kreatifitas,memompa semangat belajar dan bekerja, memberi motivasi,dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan melalui menulis,artinya kreatifitas tanpa batas! dibarengi dengan kaidah-kaidah penulisan yang benar tentu nya!

    Ibarat  sumur mata air yang terus digali dan menghasilkan air yang jernih,kompasiana menyalurkan air tersebut ke seluruh ladang-ladang tandus yang kekeringan dan haus akan ilmu pengetahuan,dan kami sebagai mata air telaga  yang butuh bantuan untuk terus digali kreatifitasnya,namun masih  harus terus belajar dari pengalaman dan juga banyak menanti kucuran hujan   ilmu dari sahabat pena lain di kompasiana  ini untuk menimba ilmu lagi. program nyantri saya di kompsiana tak akan berhenti s1ai disini, akan saya intip hasil karya teman teman yang lain, sebagai bahan referensi, motivasi, literasi, dan bahan diskusi, seperti uraian artikel Pak Henry Pr dalam artikel nya yang berjudul menyelam minum air(di kompasiana).

    Semoga ini awal yang baik, dan suatu saat bisa seperti penulis senior yang lain, yang mempunyai impian tulisannya menjadi headline, atau artikel pilihan di kompasiana!!subhaanalloh!! amiin!

    Terakhir ada sedikit syair dari saya guru mapel B. Indonesia yag dhoif

    “Saya bangga kepada santri!

     bangga jadi pengasuh santri !

    di SMP islam Cendekia ini

     tempat ku mengabdikan diri!

    Saya bangga jadi bagian inti

    dari bangsa yang gemar membaca ini!

    Tiada hari tanpa mengaji!

    Mengejar ridho ilahi Robbi!

    Saya pun bangga,

    Kepada kompasiana

    Sebagai ajang bercengkrama

    Sesama kita yang gemar membaca

    Akhir kata, saya ucapkan selamat hari santri nasional! Dan happy anniversary untuk kompasiana ! semoga semakin berkah dan semakin jaya selalu!.

     

    Oleh: Aisyah Nurlaela,S.Pd