IDUL ADHA CENDEKIA’S Go GREEN (Beribadah dengan Mengurangi Sampah)

  • Santi, S.Pd (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2018-08-23 13:46:26 - Kategori : BERITA

    IDUL ADHA CENDEKIA’S Go GREEN (Beribadah dengan Mengurangi Sampah)

    Idul Adha menjadi salah satu momen terbaik dan dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Karena pada hari itu, sebagian muslim melaksanakan ibadah pada rukun iman yang kelima yaitu ibadah haji. Sebagian lain kemudian melaksanakan ibadah sunnah lainnya yaitu menyembelih hewan kurban.
    Sudah 6 tahun SMP Islam Cendekia Cianjur melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan yang kita sebut dengan Qurban. Yang merupakan sumbangan dari seluruh siswa dalam rangka “belajar berqurban” dan juga titipan qurban dari siswa/i dan bapak pengasuh Yayasan Pribadi Kamila Cianjur, Ir. Roy Pribadi, M.M beserta Istri, Anisa Pribadi yang merupakan owner sekolah SMP Islam Cendekia Cianjur.
    Perayaan Idul Adha sekaligus penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di SMP Islam Cendekia. Salat Idul Adha berjamaah di mesjid Annisa pada pukul 6.00. Pelaksanaan salat dipimpin oleh K.H Ghazali Rahman, S.Pd.I Pelaksanaan Salat Idul Adha ini berlangsung begitu khidmat, terutama didukung oleh suasana SICC yang sepi dan sejuk.

     

    Ada yang berbeda untuk qurban tahun ini, SMP Islam Cendekia Cianjur merupakan sekolah Sekolah Sehat tingkat Nasional yang memiliki salah satu program yaitu Go Green.

    Untuk mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari SMP Islam Cendekia sudah 4 tahun diet plastik dengan mengurangi penggunaan plastik dan stereoform dari para pedagang di lingkungan SMP Islam Cendekia Cianjur. Kali ini SICC melakukan diet plastik dengan membungkus daging hewan qurban yang akan di bagikan menggunakan “ Besek Bambu” Sebanyak 500 lebih besek daging dibagikan ke warga sekitar sekolah juga keluarga besar SICC. Dengan menggunakan besek bambu ini diharapkan SMP Islam Cendekia Cianjur ikut berkontribusi menyelamatkan lingkungan dari bahaya pencemaran plastik yang semakin hari semakin menggunung. Semoga dengan mengurangi sampah plastik ini menjadikan salah satu bentuk ibadah kita dalam upaya menyelamatkan dunia dari kerusakan.(santi)