ACARA SERTIJAB DAN PELANTIKAN PENGURUS PMR DAN KKR SMP ISLAM CENDEKIA CIANJUR BERJALAN LANCAR, ANTUSIAS DAN KHIDMAT

  • Hilman A (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2018-03-10 13:00:00 - Kategori : BERITA

    ACARA SERTIJAB DAN PELANTIKAN PENGURUS PMR DAN KKR SMP ISLAM CENDEKIA CIANJUR BERJALAN LANCAR, ANTUSIAS DAN  KHIDMAT

    Sabtu  3 Maret 2018, PMR SMP Islam Cendekia Cianjur melaksanakan acara  SERTIJAB dan pelantikan  pengurus barudan anggota  gelombang ke dua yang diadakan di Saronnge Valley Jln. Raya Cipanas-Ciherang.

    Sebanyak 89  peserta yang terdiri dari pengurus lama, dan baru serta seluruh anggota mengikuti acara yang ditunggu tunggu tersebut, bagaimana tidak, seluruh peserta dari tahun ke tahun, mendambakan acara tersebut, karena selain menambah ilmu, wawasan, dan juga menambah semangat belajar dan berkarya , juga sebagai sarana refreshing bagi mereka. Ada yang menarik dalam acara tersebut, selain diikuti oleh anggota PMR yang baru , juga  dihadiri oleh mantan anggota PMR  alumni angkatan ke 3 SICC yakni najmi dan Salsabila, Mentari serta Azkiya.

    Selain peserta, tentu saja acara dibimbing oleh Pembina PMR itu sendiri yakni Santi, S.Pd beserta beberapa orang pembimbing lainnya diantaranya Pembina UKS  Fuzi  fauziah,  Amd. Keb, Rudi Kurniawan Sani , S.Pd, R. Ari Purnama S.Pd dan Suci Nurlisdayati, S. Kep, ners.

    Acara  dilaksanakan secara  secara outdoor, dan in door. Di Sarongge Valley. Dipilihnya wisma Sarongge Valley, selain tempatnya cocok, juga dirasa aman untuk melasanakan acara tersebut.

    Pagi pukul 08.00 seluruh peserta sudah berkumpul di halaman sekolah, baru kemudian pukul 08.15 setelah diadakan briefing seluruh peserta berangkat dengan menggunakan bis sekolah dan 6 mobil minibus.

    Tiba di lokasi sekitar pukul 09.00, acara dimulai dengan beres-beres dan istirahat sejenak, sekitar pukul 10.00  sampai 10.30 diadakan upacara pembukaan  dengan khidmat, dilanjutkan acara games sampai pukul 12.00. Sekitar pukul 12 .00 sampai 13.00 dilaksanakan isoma. Pukul 13.00 sampai ashar diadakan acara games,  diantaranya ada games yang melatih kerja sama antar pesrta seperti memindahkan karet dengan memakai  sedotan dan lain-lain. Acara selanjutnya  untuk anggota PMR baru melaksanakan pelatihan materi dan untuk kandidat structural PMR dan duta melaksanakan berbagai tes di pos- pos yang telah ditentukan . adapun tim penguji  yang melaksanakan pengujian trsebut terdiri dari struktur PMR lama, duta, Pembina PMR dan koordianator UKS.

     Magrib  pun tiba, kemudian sholat maghrib dan mereka tidak melupakan kebisaan baik yang biasa dilaksanakan di sekolah yakni membaca waridan  (rotibul haddad) dan  membaca Alqur`an yang kemudian dilanjutkan dengan sholat isya dan  makan malam. Acara yang tak kalah seru yang mereka tunggu-tunggu adalah malam akrab  yang diisi dengan pentas seni (pensi) dan diselingi acara bakar jagung, baru kemudian sekitar pukul 10.00 mereka tidur.

    Acara dilanjutkan pada dinihari sekitar pukul 02.30 dengan diadkan uji mental dan uji materi dengan panitia atau penguji dari kelas  7 dan 8, sedangkan kelas 9 bertugas mengawasi acara tersebut, tentu saja dengan bimbingan seluruh pembimbing . Acara tersebut dilaksnakan di sekitar halaman wisma.

    Pukul 03.50 dilaksanakan sholat tahajjud bersama seperti di sekolah, kemudian dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah dan pembacaan surat Arrohman.

    Sekitar pukul 07.00 setelah sholat dhuha dan   sarapan,  diadakan jalan santai sejauh 1 Kilometer menuju tempat rekreasi edukasi yakni saung sarongge disana siswa diajarkan cara membuat sabun batang , kemudian dilanjutkan dengan acara pokok yang ditunggu-tunggu yakni pelantikan anggota PMR gelombang 2 dan struktur PMR, serta penobatan duta baru dan pemakaian   selempang kepada para duta terpilih.

    Adapun Ketua  umum PMR  yang terpilih untuk putra yakni Pramanda Putra Dloriva siswa kelas VIII B, serta ketua umum putri diamanahkan kepada Nabila Lintang anbiya Harsalin kelas VIII F, sedangkan para duta yang berhasil dilantik diantaranya : Duta Remaja diamanahkan kepada Rido dan Fauzania, Duta Kesehatan dipegang oleh Alwa dan Nazla, Duta konselor dipegang oleh Bani Aqil dan Amanda, serta  yang terahir Duta Go green oleh Alif dan Nazwa.

    Acara terakhir dan hal yang paling ditunggu oleh seluruh peserta adalah acara bermain, diantaranya ada flying fork dan sepeda gantung, mereka terlihat senang dan bahagia tentunya menikmati udara pegunungan yang segar dan bebas polusi, serta hal yang tak kalah serunya menurut mereka adalah bermain  outdoor , berkemah, walaupun diadakan di wisma namun setidaknya ada hal yang berbeda untuk menepis rasa jenuh.

    “ Acara nya bagus, khidmat, ada haru nya juga dan saya sebagai mantan duta Go green merasa bangga telah menjadi bagian dari acara ini, serta pernah menjadi seorang duta di SICC , walaupun perjuangan dan tanggung jawabnya berat, yakni harus menjadi contoh untuk semuanya, yang jelas dengan bismillah dan ibda binnafsi, mulai dari diri sendiri”. Demikian diungkapkan oleh salah satu mantan duta Yang bernama Fania Wardah yang berhasil diwawancara.

     

    Harapan yang tak kalah menarik juga diungkapkan oleh ketua umum PMR terpilih untuk putra yakni Pramanda siswa kelas VIII B mengatakan “ acara nya menarik”,  dan sebagai ketua PMR terpilih ia berharap semoga PMR untuk ke depannya bisa lebih baik lagi dan semoga semua anggota semakin solid dan menjadi contoh dalam meningkatkan kesadaran akan kebersihan dan kesehatan di sekolah, hmm harapan yang sungguh mulia.

    Tak kalah menariknya pendapat dan harapan dari ketua PMR putri,  Lintang demikin panggilan akrabnya “semoga SICC lebih maju lagi, semoga PMR SICC bisa lebih membanggakan serta PMR menjadi contoh dalam menjaga kebersihan dan kesehatan di sekolah dan semoga kita bisa menjaga komitmen dan tanggung jawab masing-masing,  Kesannya acaranya menyenagkan, tempat nya juga sangat nyaman, sebagai ketua PMR terpilih, saya berharap semoga PMR lebih maju dan semoga tim PMR lebih solid lagi karena saya yakin, tanpa ada tim, ketua tidak akan maju dan berhasil! Aamiin Lintang selamat bertugas!

    Ada juga salah satu duta yang behasil diwawancarai dan sedikit digoda oleh penulis, yakni Fauzania siswi kelas VIII F, yang menjadi Duta Remaja, kaitannya dengan salah satu komitmen dan janji nya yakni tidak boleh  pacaran, dengan suara lantang dan berambisi dia mengatakan saya sangat setuju sekali dan akan mematuhi koitmen saya, bukan hanya saya sebagai duta, melainkan itu dari kesadaran diri sendiri, untuk tidak berpacaran, kalau hanya sekedar suka dan sebagai motivasi, itu mungkin boleh saja, namun tidak lebih dari itu!, ok Nia, komitmen yang bagus semoga bisa menjalankannya!.

    Demikian juga komentar dari seluruh pembimbing  “ Alhamdulillah acaranya berjalan lancar, khidmat, dan penuh rasa haru terutama ketika mereka membacakan sumpah jabatan, dan komitmen” demikian ungkapan Pembina PMR Ibu Santi demikian beliau bisa disapa.

    Demikian acara  SERTIJAB dan pelantikan pengurus PMR yang berhasil penulis himpun,Semoga acara yang bagus ini bisa terus diadakan, dan semoga PMR, KKR, dengan semua duta-duta nya  menjadi motor penggerak kesadaran akan kebersihan,kesehatan, ketentraman, dan kekeluargaan di lingkungan SMP Islam Cendekia Cianjur, semangat PMR SICC ! Selamat bertugas! teruslah belajar, berjuang, dan berkarya!.

    Cianjur Maret 2018 : Aisyah Nurlaela

    Foto / Image : Armand RM