SICC Peringati Earth Day

  • Akhri. R (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2015-05-31 17:00:00 - Kategori : BERITA

    SICC Peringati Earth Day

    Rabu, tanggal 22 April 2015 kemarin siswa-siswi SMP Islam Cendekia memperingati Hari Bumi. Acara peringatan hari bumi ini diisi dengan seminar tentang bumi. Seminar ini dis1aikan oleh dua orang siswa, mereka adalah Rudi Reynal dan Adrian. Serta dua orang siswi yaitu Syifa Nursa’adah dan Rini Nurhayati . Adapun narasumber utamanya adalah Hj. N. Rina Mardiah, SH., MH.

    Para pemateri meny1aikan tentang sejarah hari bumi. Hari bumi ini pertama kali dicetuskan oleh salah satu senator Amerika Serikat yang bernama Gaylon Nelson pada tahun 1970. Ia berinisiatif untuk menjadikan tanggal 22 April menjadikan sebagai hari Bumi, dikarenakan telah terjadi kerusakan bumi dimana ulah tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

    Sebagaimana yang disebutkan di dalam kitab Suci Al Qur’an “Telah n1ak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” Ar Rum 41.

    Setidaknya ada empat cara kita untuk menyelamatkan bumi. Pertama, Recycle yaitu mendaur ulang s1ah. Ada banyak sekali s1ah yang sebenarnya masih bisa dimanfaatkan. Contohnya botol plastik yang bisa dijadikan l1ion. Kedua, Reuse yaitu menggunakan suatu barang lebih dari sekali. Contohnya tempat cat bisa digunakan untuk wadah air.

    Ketiga, Reduce yaitu mengurangi s1ah. Bisa dengan menghindari membeli barang-barang yang kurang bermanfaat. Bisa juga dengan memilih produk yang kemasannya bisa didaur ulang. Keempat, Save energy yaitu dengan cara mematikan  barang elektronik jika tidak digunakan dengan kata lain tidak secara berlebihan. (Akhrie Rabbani)