SICC Berperan Aktif dalam Pesta Aksi Siaga dan Penggalang 3

  • Asep Yuhana, S.T. (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2014-09-29 04:00:00 - Kategori : BERITA

    SICC Berperan Aktif dalam Pesta Aksi Siaga dan Penggalang 3

    Minggu pagi, 21 September 2014. SMP Islam Cendekia Cianjur mendapat undangan mengikuti  Pesta Aksi Siaga dan Penggalang 3. Acara ini digagas oleh gugus depan SMAN 1 Sukaresmi. Pesta Siaga dan Penggalang 3 ini mengundang seluruh sekolah baik SD-SMP dan SMA se kabupaten Cianjur. Adapun acara yang dilaksanakan terdiri dari 3 tahap. Pertama Wide Game, yang kedua, Pionering dan yang ketiga, Lomba Cerdas Cermat.

    Untuk Wide Game diadakan pada tanggal 21 September 2014 yaitu pada hari ahad kemarin. Sedangkan Pionering dan Lomba Cerdas Cermat akan diadakan pada tanggal 24-27 September 2014 mendatang. Dalam hal ini SICC mengirimkan 16 orang putra putri yang terdiri dari 2 kelompok. Satu kelompok putra dan satu kelompok putri. Acara Wide Game ini dimulai dari pukul 07.00 WIB pagi s1ai menjelang sholat zuhur.

    Wide Game merupakan simulasi dalam mencari jejak. Dalam game ini anak-anak harus melewati 7 pos. Dan setiap pos anak-anak akan ditanya dan dinilai oleh panitia. Pos pertama, pos SKU yaitu Syarat Kecakapan Umum. Pos kedua, pos PBB AB yang berkaitan dengan masalah baris-berbaris. Pos ketiga, pos semapur, sandi, morse dan pengetahuan pramuka. Pos keempat, pos KIM yaitu Kem1uan Indra Manusia. Pos kelima, pos permainan yang terdiri dari permainan yang menantang. Seperti peserta harus melewati jalan yang penuh dengan lubang, tebak gambar dan lain-lain. Pos keenam, pos menaksir yaitu peserta harus bisa mengukur ketinggian, kecepatan dan lebar dari sesuatu benda. Dan pos yang terakhir adalah pos pasang tenda. Setiap peserta harus bisa memasang tenda dengan baik dan benar.

    Restu salah seorang peserta dari SICC mengatakan kegiatan ini sangat seru dan heboh karena bisa memperluas pergaulan dan wawasan. Hal yang sama diungkapkan Rasyid bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sekali sekaligus mengajarkan untuk hidup mandiri dan tidak mudah berkeluh kesah meskipun dengan medan yang amat sulit dengan jalan menanjak. (AR)

    Pramuka SICCPramuka SICC

    Pramuka SICCPramuka SICC

    Pramuka SICCPramuka SICC

    Pramuka SICCPramuka SICC