Pengajian Rutin Bulanan Bersama K.H. Drs. Umar Burhanuddin

  • Akhri. R (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2014-12-01 17:00:00 - Kategori : BERITA

    Pengajian Rutin Bulanan Bersama K.H. Drs. Umar Burhanuddin

    Setiap sebulan sekali SMP Islam Cendekia selalu mengadakan pengajian. Acara pengajian ini diadakan di hari sabtu pertama pada tiap bulannya. Semua guru-guru, staff dan karyawan yang berada di SMP Islam Cendekia diwajibkan untuk mengikuti pengajian ini. Hal ini dalam rangka untuk melengkapi kebutuhan ruh dan menguatkan keimanan kepada Allah SWT. Selain itu juga dalam rangka menguatkan rasa silaturahim antar guru dan karyawan SMP Islam Cendekia.

    Hari sabtu kemarin bertepatan dengan tanggal 1 November 2014 diadakan pengajian bulanan. Pengajian ini diisi oleh K.H. Drs. Umar Burhanuddin. Beliau adalah salah satu ulama Cianjur yang sangat kharismatik. Bahkan beliau mempunyai pesantren khusus tahfidz Al Qur’an. Di pesantren beliau setiap minggunya selalu diadakan pengajian untuk masyarakat umum. Dan setiap pengajian yang beliau adakan selalu membludak penuh dengan jama'ah.

    Pengajian dimulai seusai sholat zuhur berjama’ah di Masjid Annisa. Diawal pengajian ustad yang akrab dipanggil dengan Ustad Umar ini meny1aikan pentingnya umat Islam untuk menggunakan  kalender hijriah. Minimal setiap pembelajaran di kelas ditulis tanggal dan bulan hijriah kemudian baru ditulis penanggalan masehi.

    Kemudian beliau menceritakan kisah hijrahnya Rasulullah SAW. Baginda Nabi hijrah dari Kota Mekkah ke Madinah bukanlah semata-mata karena keinginan sendiri. Tapi itu semua atas perintah dari Allah SWT. Sehingga ketika beliau mau berangkat meninggalkan kota Mekah. Rasulullah mengatakan “kalau bukan karena diusir, aku takkan hijrah”. Begitulah Baginda Nabi SAW karena saking cintanya dengan kota Mekkah. Ustad Umar mengibaratkan dengan orang Cianjur yang disuruh pindah ke Cidaun. Pasti akan terasa amat berat.

    Tidak hanya itu, Ustad Umar juga menceritakan tentang seorang sahabat Nabi SAW yang sudah tua renta. Umurnya sudah  89 tahun dan sangat kaya raya. Akan tetapi beliau sangat semangat untuk hijrah ke kota Madinah meskipun seorang diri dan meninggalkan harta bendanya di kota Mekkah. Sahabat tersebut bernama Syihab bin Sinan Ar Rumi radhiyallahu anhu.

    Disela-sela ceramah, Ustad Umar juga terkadang melemparkan guyonan yang mengundang gelak tawa para pendengar. Beliau juga menasehati para guru untuk selalu motivasi siswa dalam belajar. Terutama belajar hidup. Selain itu beliau juga meny1aikan bahwa sebab kemunduran umat Islam ini salah satunya adalah kurangnya umat Islam dalam menginfakkan hartanya untuk kejayaan Islam. Seperti para sahabat yang berani menginfakkan seluruh hartanya untuk dakwah Islam.

    Pengajian selesai pukul 13.45 WIB. Para guru dan karyawan langsung menuju kantin untuk makan siang bersama. (Akhrie Rabbani el Muhajir)

    SMP IslamSMP Islam

    SMP IslamSMP Islam

    SMP IslamSMP Islam