Mutiara Khutbah Jumat Masjid Annisa

  • Akhri. R (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2015-10-14 17:00:00 - Kategori : BERITA

    Mutiara Khutbah Jumat Masjid Annisa

    Baginda Rasulullah SAW bersabda: Hari terbaik terbitnya matahari adalah pada hari jum’at, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu pula dimasukkan ke dalam surga dan pada hari itu tersebut dia dikeluarkan dari surga” (HR. Muslim)

    Hadits di atas menerangkan kepada kita semua betapa mulyanya hari Jumat. Ia juga merupakan hari raya umat Islam dalam sepekan. Pada hari itu kaum muslimin berkumpul di dalam masjid dan medengarkan khutabah yang dis1aikan sang khatib.

    Di Masjid Annnisa, K1us SMP Islam Cendekia. Drs. Muhyiddin salah seorang ulama dari Kabupaten Sukabumi meny1aikan khutbah Jumat. Banyak sekali pesan-pesan spritual yang beliau s1aikan.

    Khususnya tentang pentingnya seseorang menjaga ketaqwaan. Maka tidak heran wasiat taqwa menjadi salah satu rukun dalam khutbah Jum’at. Hal ini dalam rangka untuk mengingatkan kepada kaum muslimin untuk selalu menjaga ketaqwaan. Karena dengan ketaqwaan seseorang akan selamat di dunia dan akhirat.

    Sayyidina Ali Radiyallahu Anhu menerangkan arti taqwa adalah takut kepada Allah yang bersifat Jalal, dan beramal dengan dasar al-Qur’an (at-tanzil) dan menerima (qona’ah) terhadap yang sedikit, dan bersiap-siap menghadapi hari akhir.

    Selain itu juga beliau meny1aikan pentingnya seorang muslim memiliki sifat malu. Karena dengan sifat malu ia akan terjaga dari perbuatan tercela. Semakin tinggi rasa malunya kepada Allah maka semakin tinggu pulalah keimanannya kepada Allah SWT.

    Begitu juga dengan sifat syukur. Karena nikmat yang ia berikan kepada kita tak terhitung jumlahnya. Maka sudah sepantasnya kita sebagai hamba untuk selalu mensyukuri nikmatnya.(Akhrie Rabbani)