Muhasabah dan Doa Tahun Baru 1437 H

  • Akhri. R (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2015-10-26 17:00:00 - Kategori : BERITA

    Muhasabah dan Doa Tahun Baru 1437 H

    Selasa sore 13 Oktober 2015 bertepatan dengan akhir tahun 1436 H. SMP Islam Cendekia mengadakan Muhasabah bersama. Kegiatan ini dalam rangka untuk menyambut tahun baru 1437 H. Acara diawali dengan pembacaan doa bersama akhir tahun yang dipimpin oleh Ustad Idrus Rizal Lc. Kemudian dilanjutkan dengan tausyah singkat. Beliau meny1aikan tentang ciri-ciri dari orang yang bertakwa.

    Diantaranya adalah yang pertama, orang yang menafkahkan hartanya baik di waktu lapang ataupun sempit.  Kedua, bisa menahan amarah. Ketiga, bisa memaafkan orang lain. Keempat, orang yang ketika berbuat maksiat kepada Allah lalu ia kembali bertobat kepada Allah.

    Usai melaksanakan sholat maghrib dilanjutkan dengan zikir bersama yang dipimpin langsung oleh Ustad Ghazali Rahman, S.PdI. untuk menambah rasa khusyuk peserta zikir. L1u masjid pun dimatikan. Setelah itu dilanjutkan dengan doa menyambut awal tahun.Ust Ghazali juga mengingatkan kepada para jamaah dan santri pentingnya untuk berlindung kepada Allah SWT terhadap tiga perkara.

    Pertama, berlindung kepada Allah swt dari syetan dan anak buah syetan. Jangan s1ai terjerumus kepada bujuk rayu syetan. Terutama ajakan kepada maksiat. Naudzubillah.

    Kedua, kita mesti berlindung kepada Allah SWT dari Nafsu. Sebab, nafsu ini tidak tunduk kepada Allah SWT. Sehingga Allahpun memasukkan nya ke dalam neraka selama 300 tahun lamanya. Barulah nafsu mengakui bahwa Allah adalah Rabb semesta alam.

    Terakhir, kita berlindung dari sesuatu yang sia-sia. Orang yang baik imannya adalah orang yang tidak menyibukkan diri dari hal yang sia-sia. (Akhrie Rabbani)

     
    Foto : Armand RM

    Boarding School

    SMP Islam