KEPUTRIAN : Mencetak Generasi Muslimah Muntijah, Sholehah, Cerdas dan Kreatif

  • Asep Yuhana, S.T. (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2014-10-13 17:00:00 - Kategori : BERITA

    KEPUTRIAN : Mencetak Generasi Muslimah Muntijah, Sholehah, Cerdas dan Kreatif

    Oleh: Arinda Putri Ekawati, S.Pd

    “Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholehah” (HR. Muslim)

    Menjadi seorang muslimah adalah sebuah kebanggaan dan kesyukuran yang luar biasa. Allah dan agama Islam benar-benar memuliakan kaum perempuan, ada banyak ayat Al-Qur’an maupun hadits yang berbicara tentang kaum perempuan. Namun pertanyaannya adalah, bagaimana seharusnya kita menjadi seorang perempuan (muslimah) yang dicintai Allah dan dirindu surga?. Hadits di atas begitu jelas menegaskan bahwasannya perempuan yang sholehah adalah sebaik-baik perhiasan di dunia ini, dan setiap muslimah sudah barang tentu menginginkannya. Sebetulnya ada banyak cara dan upaya yang bisa kita lakukan untuk menjadi perempuan sholehah itu, menjadi seorang muslimah yang sesungguhnya. Seorang muslimah idealnya memiliki keseimbangan yang menyeluruh dalam segi pemahaman agama, keilmuan, akhlaq dan skill, sehingga ia bisa tumbuh dan m1u bermetamorfosis menjadi pribadi muslimah yang muntijah (produktif) dan memiliki daya saing global dalam kesehariannya.

    Keputrian bisa menjadi salah cara dan upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan karakter pribadi muslimah yang muntijah tersebut, dan kegiatan ini pula yang dipilih oleh SMP Islam Cendekia Boarding School Cianjur untuk menginisiasi terwujudnya cita-cita untuk mencetak generasi muslimah yang sholehah, cerdas dan kreatif. Alhamdulillah, di SMP Islam Cendekia Boarding School Cianjur, kegiatan keputrian sudah berjalan dengan continue. Kegiatan keputrian yang dilaksanakan di SMP Islam Cendekia Boarding School Cianjur ini tidak hanya diisi dengan membahas konsep-konsep keislaman saja, namun juga dibekali dengan sisi-sisi keilmuan, mempelajari Islam dan relevansinya dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan keputrian yang dilaksanakan di SMP Islam Cendekia Boarding School Cianjur menjadi wahana bagi seluruh siswi di sekolah untuk memiliki skill yang kelak dapat menjadi bekal untuk terus mengembangkan kreatifitas.

    Kegiatan keputrian ini dilaksanakan setiap satu pekan, satu kali. Hari Jum’at menjadi hari yang dipilih untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Disaat kaum laki-laki menunaikan sholat jum’at berjama’ah di mesjid, maka para siswi yang did1ingi oleh beberapa orang mentor (dari kalangan guru perempuan) mengisi waktu dengan kegiatan ini. Selain membahas tema seputar keislaman dan permasalahan sehari-hari, siswi sebagai peserta keputrian pun diajak untuk membuat prakarya. Beberapa hasil prakarya itu berupa gantungan kunci dari kain flanel, bros cantik dari kain flanel dan kotak serbaguna yang berbahan baku stik es krim. Kegiatan keputrian menjadi agenda yang menyenangkan, menumbuhkan ukhuwah (persaudaraan) antar sesama dan membangun kedekatan yang intens dengan guru di sekolah. Mencetak generasi muslimah yang muntijah, sholehah, cerdas dan kreatif dapat diawali dengan langkah ini. Insya Allah kegiatan keputrian bisa menjadi jalan untuk mewujudkan cita-cita tertinggi, menjadi sebaik-baik perhiasan dunia yang senantiasa dicintai Allah dan dirindu surga. 

    Keputrian SICC