LDKS; Mencetak Pemimpin Masa Depan

  • Akhri. R (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2015-11-12 17:00:00 - Kategori : BERITA

    LDKS; Mencetak Pemimpin Masa Depan

    Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa atau disingkat LDKS adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh Pengurus OSIS lama kepada calon Pengurus OSIS baru. Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah yang bersangkutan.

    LDKS SMP Islam Cendekia ini dibagi menjadi dua tahap penyeleksian. Tahap yang pertama ada 107 siswa yang mendaftar untuk menjadi peserta LDKS. Setelah diseleksi peserta menjadi 50 orang. Penyeleksian ini meliputi beberapa tes. Yaitu tes membaca Al Qur'an, tes hafalan Qur'an, tes MIPA dan Bahasa Inggris.

    Acara ini berlangsung selama seminggu, mulai dari tanggal 19 -24 Oktober 2015. Dalam acara LDKS ini diisi dengan beberapa materi penting. Diantaranya tentang Kepemimpinan dis1aikan oleh Ustadz Dadan Hadiat, Lc. Tentang Surat-menyurat dis1aikan oleh Ibu Eka Destiawati S.Pd. Dan materi Wawasan Wiyata Mandala dis1aikan langsung oleh Bapak Kepala Sekolah H. Bambang Zainal Arifien, S.Sy.

    Untuk materi kepemimpinan Ustadz Dadan Hadiat, Lc mengisi dengan game memindahkan bola dalam satu team. Setiap kelompok diberikan tali. Lalu ditaruh bola diatasnya kemudian setiap kelompok diharuskan untuk memindahkan bola tersebut dari satu sudut ke sudut yang lain. Game ini mengajarkan perencanaan yang matang, kekompakan, leadership yang kuat dan percaya diri.

    Sedangkan Bapak Kepala Sekolah H. Bambang Zainal Arifien S.Sy meny1aikan tentang Wawasan Wiyata Mandala. Beliau meny1aikan setidaknya ada 5 Komponen penting. Pertama, peran kepala sekolah. Kedua, peran guru. Ketiga, peran civitas akademika Keempat, peran murid. Kelima, Peran masyarakat sekitar.

    Alhamdulillah acara LDKS ini berjalan dengan lancar dan penuh dengan tertib. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini menambah wawasan para siswa untuk bekal menjadi pemimpin masa depan tutur Pak Andri Pembina OSIS (Akhrie Rabbani)

    Photos Armand RM

    SMP Islam Cendekia CianjurSMP Islam Cendekia Cianjur

    SMP Islam Cendekia CianjurSMP Islam Cendekia Cianjur