Kecerdasan Majemuk

  • Akhri. R (Penerbit)
  • Diterbitkan pada :2015-10-14 17:00:00 - Kategori : BERITA

    Kecerdasan Majemuk

    Setiap manusia itu cerdas. Namun, mereka memiliki bakatnya masing-masing. Bukan berarti kamu kurang dalam prestasi akademik, kamu itu nggak cerdas. Mungkin, bakat kamu bukan di bagian itu. Menurut Prof. Howard Gradner manusia itu memiliki Multiple Intelligence atau kecerdasan majemuk. Nah, kecerdasan majemuk ini dibagi menjadi 8 macam :

    1. Kecerdasan Linguistik (Word Smart)

    Nah, kecerdasan linguistic ini berarti cerdas dalam bahasa. Orang yang memiliki kecerdasan ini, biasanya memiliki perbendaharaan kata yang banyak. Mereka juga jago dalam menyusun kata-kata.

    1. Kecerdasan Matematis Logis (Logic Smart)

    Orang orang yang memiliki kecerdasan ini, mereka m1u menyelesaikan masalah dengan logika (hal-hal yang masuk akal). Ia suka angka, urutan, keteraturan, dan logika. Mereka juga unggul dalam matematika.

    1. Kecerdasan Kinestetik (Body Smart)

    Kecerdasan ini juga meliputi kem1uan fisik dalam bidang koordinasi,keseimbangan,daya tahan,kekuatan, kelenturan,dan kecepatan. Orang yang memiliki kecerdasan ini, mereka jago dalam bidang olahraga.

    1. Kecerdasan Visual Spasial (Pitcure Smart)

    Visual artinya gambar. Spasial yaitu hal-hal yang berkenaan dengan ruang atau tempat. Kecerdasan ini melibatkan kesadaran akan warna,garis,bentuk,ruang,ukuran dan juga hubungan di antara elemen-elemen tersebut. Orang yang memiliki kecerdasan ini, mereka unggul dalam menggambar, mewarnai, dan melukis.

    1. Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart)

    Kecerdasan intrapersonal adalah kem1uan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Dapat memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri. M1u memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin diri. Orang yang memiliki kecerdasan ini sangat menghargai nilai (aturan–aturan),etika (sopan santun),dan moral.

    1. Kecerdasan Interpersonal (People Smart)

    Kecerdasan ini merupakan kebalikan dari intrapersonal. Kecerdasan interpersonal adalah kem1uan untuk mengamati dan mengerti maksud,motivasi,dan perasaan orang lain. Peka pada ekspresi wajah,suara,dan gerakan tubuh orang lain dan ia m1u memberikan respon secara efektif dalam berkomunikasi. Kecerdasan ini juga m1u untuk masuk ke dalam diri orang lain,mengerti dunia orang lain,mengerti pandangan,sikap orang lain,dan umumnya dapat memimpin kelompok. Orang yang memiliki kecerdasan ini, cocok untuk menjadi guru BK dan Psikolog.

    1. Kecerdasan Musikal (Music Smart)

    Kecerdasan musik adalah kem1uan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi, dan timbredari musik yang didengar. Nah,musik mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan kem1uan matematika dan ilmu sains dalam diri seseorang. Menurut hasil penelitian, orang Belanda, Jepang, dan Hongaria mempunyai prestasi tertinggi di dunia. Saat diteliti lebih mendalam ternyata ketiga negara ini memasukkan unsure ini ke dalam kurikulum mereka. Selain itu musik juga dapat menciptakan suasana yang rileks namun waspada, dapat membangkitkan semangat, merangsang kreativitas, kepekaan dan kem1uan berfikir. Belajar dangan menggunakan musik yang tepat akan sangat membantu kita dalam meningkatkan daya ingat. Nah, di SICC juga memasukan music dalam kurikulumnya. Nah, buktinya SICC berbeda dengan sekolah lainnya. Tiap pergantian pelajaran, istirahat, dan pulang bukan menggunakan bell yang seperti di sekolah lain. Tapi, menggunakan instrument.

    1. Kecerdasan Naturalis (Nature Smart)

    Kecerdasan naturalis adalah kem1uan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan, dan membuat kategori terhadap apa yang dijumpai di alam maupun lingkungan. Intinya adalah kem1uan manusia untuk mengenali tanaman,hewan, dan bagian lain dari alam semesta.

    Sekarang kamu tau kecerdasan kamu kan? Nah, ekskul-ekskul di SICC dapat mendukung kecerdasan kamu. Buat yang memiliki kecerdasan linguistic, ada Arabic club, English club dan KIR. Untuk yang kecerdasannya matematis logis, ada mathematic club. Ada futsal, volly, basket, karate, dan silat, untuk kamu yang kecerdasannya kinestetik. Untuk kamu yang memiliki kecerdasan visual spasial ada ekskul menggambar dan kaligrafi. Ada ekskul music, karawitan, dan marching band untuk kamu yang kecerdasannya di musical. Untuk kamu yang memiliki kecerdasan naturalis, SICC juga telah menyiapkan tempat untuk pengamatan tumbuhan, yaitu ‘SICC Nursery’

    “Everyone is a genius. But if you judge a fish on its ability to climb a tree. It will live its whole life believing it is stupid.” –Albert Einstein-

    (Qonitah Nurul Karimatun)