Hujan Turun Usai Pelaksanaan Shalat Istisqa

  • Akhri. R (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2015-11-10 17:00:00 - Kategori : BERITA

    Hujan Turun Usai Pelaksanaan Shalat Istisqa

    Shalat Istisqa adalah shalat sunnah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan. Salat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan/hajat tertentu. Shalat istisqa dilakukan secara berjamaah dipimpin oleh seorang imam.

    Jumat kemarin, 30 Oktober 2015 SMP Islam Cendekia melaksanakan shalat istisqa. Mulai dari siswa siswi, Tenaga Pendidik, Pengurus Yayasan dan office boypun turut serta mengikuti shalat istisqa. Shalat ini dilaksanakan di lapangan parkir SMP Islam Cendekia Cianjur.

    Adapun yang bertindak sebagai Imam adalah Bapak Kepala Sekolah, H. Bambang Zainal Arifien, S.Sy. Sedangkan khatib dipimpin langsung oleh KH. Ghozali Rahman, S.PdI. Sebelum pelaksanaan shalat Istisqa KH. Ghozali Rahman S.PdI menjelaskan tentang tata cara shalat istisqa.

    Beliau meny1aikan bahwa shalat Istisqa ini sama caranya dengan pelaksanaan shalat Ied. Yaitu dengan tujuh kali takbir pada rakaat pertama dan lima kali takbir pada rakaat kedua. Dan disunnahkan bagi Imam untuk membaca surat Al Qaf. Tak Lupa KH. Ghazali juga menjelaskan bahwa usai khutbah pertama disunnahkan untuk memutarbalikkan sorban.

    Banyak hal penting yang dis1aikan KH. Ghazali Rahman S.PdI dalam khutbah Shalat Istisqa ini. Diantaranya pentingnya air bagi kehidupan manusia. Tanpa air manusia, hewan dan tumbuhan akan mati. Kemudian beliau menjelaskan tentang Hadits Rasulullah SAW bahwa “Allah akan menunda azab selama masih ada orang tua yang rajin beribadah, anak yang tengah menyusu kepada ibunya dan hewan-hewan yang makan.” (Al Hadits)

    Alhamdulillah, sore hari langit di kota Cianjur mendung dan setelah maghrib hujan turun dengan derasnya atas izin Allah SWT. Semua ini tentu atas iradah-Nya bahwa sang Pencipta alam semesta Maha Pengasih dan Maha Penyayang kepada makhlukNya (Akhrie Rabbani)

    Armand's Photos

    SMP Islam Cendekia Cianjur