SICC Melaksanakan Simulasi UNBK Sesi Satu

  • Hilman A (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2017-11-23 11:21:47 - Kategori : BERITA

    SICC Melaksanakan Simulasi UNBK Sesi Satu

    Dalam rangka mendukung program pemerintah, dalam hal ini PUSPENDIK, dan menyongsong Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK), SMP Islam Cendekia Cianjur melaksanakan simulasi UNBK, persiapan pun dilaksanakan jauh-jauh hari sebelumnya.

    Persiapan dalam menyambut UNBK di antaranya tentu saja kesiapan mental dan fisik siswa, juga tidak lupa sarana dan prasarana yang mendukung terlaksananya Ujian Nasional berbasis komputer tersebut.

    Persiapan mental dan fisik siswa dilaksanakan dengan memberikan jadwal pemantapan (enrichment) dan bimbingan konseling (BK) yang dilaksanakan mulai dari semester I.

    Dalam rangka mengevaluasi keberhasilan siswa dan memperkenalkan teknis UNBK, tidak lupa panitia UNBK SMP Islam Cendekia Cianjur, didukung oleh Kepala Sekolah, Yayasan, dan tim IT yang solid mengadakan simulasi on line (daring) yang diadakan oleh pemerintah/ PUSPENDIK.

    Persiapan sarana dan prasarana pun tidak kalah pentingnya dalam melaksanakan simulasi UNBK ini, untuk itu, ketua sarana dan prasarana Yayasan beserta panitia UNBK yang terdiri dari tim IT SMP Islam Cendekia Cianjur, kurikulum, dan guru mata pelajaran bahu membahu dalam mensukseskan simulasi ini, sebanyak 59 komputer yang terdiri dari 4 server dan 55 unit line, berikut instalasinya telah disiapkan dengan baik, tidak mudah memang menyiapkan begitu banyak PC dan kemudian mengintegrasikannya, namun berkat kerjasama yang baik dari ketua sarana prasarana dan panitia serta tim IT yang dibagi menjadi proktor, operator dan teknisi, simulasi pun bisa dilaksanakan dengan matang.

    Dalam melaksanakan simulasi UNBK ini, Tim pelaksana tersusun berdasarkan tugas pokok masing-masing. Tim pelaksana terdiri dari dua orang proktor yang bertanggung jawab mengawasi jalannya simulasi dengan didampingi oleh pengawas ruangan, seorang operator bertugas membereskan data siswa sesuai dengan data dapodik, dan yang bertanggung jawab mengatur jaringan serta aplikasi UNBK dilaksanakan oleh teknisi yang terbagi menjadi dua yakni  jaringan listrik dan aplikasi jaringan UNBK. Sedangkan untuk administrasi dan penjadwalan dilaksanakan oleh kurikulum dan operator.

    Simulasi dilaksanakan pada Senin 20 Nopember 2017 yang dilaksanakan di ruang laboratorium komputer. Sebanyak 151 siswa kelas IX dengan antusias dan penuh semangat mengikuti jalannya simulasi UNBK tersebut, tak jarang mereka ada yang tegang dan gugup dalam memulai simulasi, wajar saja karena ini merupakan simulasi UNBK pertama yang mereka ikuti, namun seiring berjalannya simulasi, dan dibantu oleh proktor dan pengawas ruangan, mereka melaksanakannya dengan lancar. Simulasi UNBK dilaksanakan dalam 3 sesi yakni sesi pertama dilaksanakan pada pukul 07.30 – 09.30, sesi ke dua dilaksanakan pada pukul 10.30- 12.30, dan sesi terakhir dilaksanakan mulai pukul 14.00 – 16.00.

    Simulasi dimulai dengan briefing terlebih dahulu untuk para peserta, pengawas dan panitia kemudian pengarahan dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan perwakilan dari proktor. Mata pelajaran pada hari pertama adalah Bahasa Indonesia dan matematika, terdiri dari 20 soal Bahasa Indonesia dan 20 soal matematika. Sedangkan untuk hari ke dua adalah mata pelajaran IPA dan bahasa Inggris yang terdiri dari 20 soal bahasa inggris dan 20 soal IPA.

    Alhamdulillah, simulasi UNBK pada gelombang satu ini berjalan dengan lancar, mudah-mudahan menjadi semangat buat siswa dalam menghadapi UNBK yang sesungguhnya.

    Cianjur, Nopember 2017 (Aisyah Nurlaela)