PELAKSANAAN PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) 2017/2018

  • HILMAN ANGGARIADI (Penerbit)
  • Diterbitkan pada :2017-11-08 14:10:13 - Kategori : BERITA

    PELAKSANAAN PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) 2017/2018

    DI SMP ISLAM CENDEKIA CIANJUR

    Dalam rangka melaksanakan program kurikulum serta menilai dan mengevaluasi ketercapaian siswa dalam menerima pelajaran, SMP Islam Cendekia Cianjur melaksanakan penilaian Tengah Semester   ( PTS) untuk tahun ajaran 2017/2018

    PTS di lingkungan SMP Islam Cendekia Cianjur dilaksanaka mulai hari Senin 25 September 2017 sampai hari Sabtu 30 September 2017, dimulai pada pukul 07.30. sampai pukul 11.00.

    Sekitar 450 peserta didik melaksanakan PTS dengan lancar, mereka terdiri dari 152 siswa kelas VII, 148 siswa kelas VIII, dan sebanyak 145 siswa kelas IX. Mereka melaksanakan PTS dengan tertib dan kondusif.

    Adapun mata pelajaran yang diujikan dalam PTS tersebut merupakan semua pelajaran yang diajarkan dalam KBM, diantaranya: PAI, Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan kewarganegaraan (PKN), Bahasa Inggris, Ilmu pengetahuan Sosial ( IPS), Ilmu Penegetahuan Alam (IPA), Bahasa Sunda, Seni Budaya, Prakarya (untuk kelas VII) TIK ( Kelas VIII dan IX ) dan Bahasa Arab.

    Tidak banyak kendala dalam melaksanakan PTS tersebut, karena memang acara ini sudah disiapkan jauh hari sebelumnya, hal ini tentu saja atas kerja sama tim yang sangat solid, tim panitia PTS untuk tahun ajaran 2017 /2018 ini diketuai oleh Dindin Alawi, S.Si, M.Pd dengan sekretaris Eka Destiawati Wulan S.Pd, keduanya merupakan guru yang mengampu pelajaran matematika, dengan koordinator PTS Andri Nasikin, S.Pd (Waka kurikulum) serta penanggung jawab kepala SMP Islam Cendekia Cianjur, H. Bambang Zainal Arifien, S.Sy.

    Selain dukungan dari berbagai pihak, diantaranya dari yayasan, Pembina, Kepala Sekolah, manajemen sekolah, Boarding dan tentu saja didukung oleh tim panitia yang solid, mulai dari tim pembuat soal, tim pengeditan, penggandaan soal, pengepakan, tim pendistribusian soal, pengatur denah ruangan, tim pengawas, seksi konsumsi, dan seksi dokumentasi.

    Dalam sebuah wawancara dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Andri Nasiskin, S.Pd menjelaskan dengan detil maksud dan tujuan diadakan nya PTS di SMP Islam Cendekia Cianjur, inilah petikan yang berhasil penulis rangkum “ in welcoming the year of quality improvment at SICC, the curriculum Division applies new rule at the mid test program in academic year 2017-2018. Teachers should write 40 questions in multiple choice form, it aims not only to train teachers to increase their ability in creating good quality question, but also develop the students cognitive aspect, so that they are used to doing any kind of test, especially facing the National computer based test”. Demikian sambutan yang disampaikan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum yang intinya bahwa dalam rangka peningkatan mutu, baik guru maupun peserta didik, kurikulum berusaha untuk terus berinovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di SICC ini, salah satunya dalam program PTS kali ini, jumlah soal yang diberikan sekitar 40 soal berbentuk pilihan ganda , soal yang dibuat oleh guru pun harus melalui tahapan yang distandarkan dengan membuat kisi-kisi serta soal yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar pada silabus. Selain itu, diharapkan peserta didik terbiasa dengan soal, terutama bagi siswa kelas IX yang akan menghadapi ujian Nasional berbasis komputer (UNBK)

    “Alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti, semua berjalan dengan lancar, itu semua atas dukungan berbagai pihak dan profesionalisme tim panitia, pengawas, dan yang lainnya” demikan ketua PTS, Dindin Alawi menambahkan.

    Demikian juga pesan dari Kepala SMP Islam Cendekia Cianjur, H. Bambang Zainal Arifien S.Sy menegaskan supaya peserta didik tidak shok, maka PTS jangan dibuat tegang, seperti halnya pekan ulangan saja, namun dibuat serapi mungkin supaya lebih maksimal dan lebih profesional, demikian tegasnya di sela kegiatannya berkeliling ke tiap ruangan PTS dalam rangka peninjuan.

    Dukungan juga datang langsung dari pembina Yayasan Pribadi Kamila Ir. H. Roy Pribadi dan pengawas Yayasan Ust. H. Ghazali Rahman, S.Pd.I yang terjun langsung memantau jalannya PTS ke tiap ruangan sambil memberikan motivasi.

    Alhamdulillah semoga hal ini bisa meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di SMP Islam Cendekia Cianjur, dan semoga peserta didik mendapatkan nilai yang terbaik.

    Cianjur September 2017(Aisyah Nurlaela)