Program Penyuluhan HIV-AIDS

  • Hj. Aisyah Nurlaela , S.Pd (Penerbit)
  • Diterbitkan pada :2017-09-28 17:31:31 - Kategori : BERITA

    Program Penyuluhan HIV-AIDS

    SICC MENJADI TUAN RUMAH ACARA PENYULUHAN DAN PENCEGAHAN HIV-AIDS & NARKOBA BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH SE- KAB CIANJUR

    (YANG DISELENGGARAKAN OLEH KEMENDIKBUD )

     

    Rabu, 20 September 2017, suasana di lingkungan SMP Islam Cendekia Cianjur kelihatan ramai, terlihat banyak sekali siswa sekolah menengah pertama dan menengah atas yang datang dari berbagai wilayah di Kabupaten Cianjur, mereka mengenakan seragam sekolah nya masing-masing dengan lengkap, dengan langkah yang mantap dan penuh semangat, mereka satu persatu berdatangan dibimbing oleh guru pembimbing nya masing-masing menuju Aula SMP Islam Cendekia Cianjur, tidak lupa mereka mengisi daftar hadir yang telah disediakan oleh panitia , setelah mengisi daftar hadir mereka diberi atribut perlengkapan layaknya seminar nasional berupa alat tulis, buku teori pegangan, roundown acara, dan tentu saja tas yang bertuliskan “Penyuluhan Pencegahan HIV- AIDS & Narkoba di sekolah, “STOP AIDS “ , kemudian ada lambang trias UKS dan dibawahnya terdapat penyelenggara yakni Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

    Dari tas yang dibagikan panitia, sudah jelas tergambar dengan detil bahwa pada hari itu diadakan acara penyuluhan pencegahan HIV-AIDS dan Narkoba di sekolah, tidak salah, pada hari itu SMP Islam Cendekia Cianjur diberikan mandat untuk menjadi tuan rumah diadakannya acara penyuluhan pencegahan HIV-AIDS dan narkoba tersebut untuk siswa Sekolah menengah.

    Adapun penyelenggara acara tersebut adalah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (KEMENDIKBUD/DIRJENDIKDASMEN).

    Acara tersebut merupakan pelaksanaan dari hasil rapat koordinasi pada pertemuan sebelumnya yang dilaksanakan di aula SICC pada hari rabu tanggal 7 September 2017, pada pukul 09.00 sampai selesai yang dihadiri oleh TP UKS Nasional, TP UKS provinsi, TP UKS Kabupaten dan tuan rumah SMP Islam Cendekia Cianjur.

    Ditunjukanya SMP Islam Cendekia Cianjur sebagai tempat pelaksanaan acara tersebut bukan tanpa alasan, melainkan sudah kesepakatan yang diambil oleh Kemendikbud dengan alasan bahwa SMP Islam Cendekia Cianjur layak untuk menjadi tempat penyuluhan , karena SMP Islam Cendekia Cianjur merupakan pemenang lomba Sekolah Sehat ke dua tingkat Nasional.

    Adapun peserta yang mengikuti acara tersebut terdiri dari sekitar 500 siswa SMP/ SMA beserta para pembimbing, dari berbagai sekolah di Kabupaten Cianjur, dan ada pula siswa SMA yang berasal dari luar Kabupaten Cianjur, yakni dari Kotamadya Sukabumi, sekitar 20 orang siswa SMAN 3 kota Sukabumi hadir pada acara tersebut, mereka datang dengan beberapa guru pembimbing, sama halnya dengan SMP Islam Cendekia Cianjur, SMAN 3 Sukabumi merupakan sekolah pemenang LSS tingkat Nasioanal.

    Banyak sekali tamu undangan yang hadir pada acara tersebut diantaranya: yang pertama tentu saja tuan rumah yakni Kepala Sekolah SICC, ketua yayasan Pribadi Kamila, ketua saran prasarana yayasan Pribadi Kamila, wakil bupati Kabupaten cianjur, para pejabat Pemda Cianjur, tim pembina beserta koordinator UKS Jawa Barat, Dinas Pendidikan Kabupaten, Kemenag, tim penyuluhan dari BNN pusat, kepala sekolah SMAN 3 Sukabumi, para kepala sekolah SD/ SMP serta pengawas dinas pendidikan Kabupaten cianjur, Dinas PPKBP3A Kab Cianjur, Dinas kesehatan, MUI Kab Cianjur, P2TP2A, PGRI Kab Cianjur, Puskesmas Karangtengah, camat/perwakilan camat kecamatan Karangtengah dan kecamatan Cianjur,serta para siswa sekolah menengah yang menjadi tamu sekaligus peserta pada acara tersebut, sehingga kalau dijumlahkan seluruh tamu yang hadir tidak kurang dari 700 orang.

    Hampir seluruh tamu yang diundang hadir pada acara tersebut, yakni sekitar 57 sekolah menengah atas (SMA/MA/SMK) dan sekitar 64 sekolah menengah pertama (SMP/MTs), mereka datang dengan mengirimkan perwakilan sekolah nya masing-masing minimal dua orang siswa dan dua orang guru pembimbing per sekolah.

    Adapun pemateri atau narasumber yang mengisi acara tersebut diantaranya: dr. H. Irvan Fauzi F (dari Dinas pendidikan kabupaten cianjur), Iman Tedja Rahmana ( komisi penanggulangan AIDS Provinsi Jawa Barat, Hj. Eva Fitri Juanita ( dari BNN pusat), dengan moderator Agus Suharyanto,MA dan Hj. Yoyoh.

    Acara dimulai pada pukul 08. 30 yang langsung dibuka oleh wakil bupati Kabupaten Cianjur, Bapak H. Herman suherman,S.T, M.AP.

    Semoga acara tersebut bermanfaat bagi lingkungan SICC beserta seluruh peserta yang hadir khususnya dan seluruh sekolah pada umumnya.

    Cianjur, September 2017 ( Aisyah nurlaela)

    Image/Foto by: Armand RM