ORGANISASI BELAJAR

  • Hj. Aisyah Nurlaela , S.Pd (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2017-09-24 18:36:56 - Kategori : BERITA

    ORGANISASI BELAJAR

    Dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu guru di SMP Islam Cendekia Cianjur, tim PQD ( divisi pengembangan mutu ) SICC mengadakan pelatihan untuk semua guru reguler yang diadakan setiap hari Sabtu, dengan beberapa orang narasumber yang didatangkan dari Dinas Provinsi Jawa Barat. Semua kegiatan sudah terjadwal dan masing-masing narasumber sudah mempunyai program dan materi nya masing-masing selama satu tahun pelajaran.
    Dengan begitu lengkaplah sudah pembinaan yang disedikan di SMP Islama Cendekia Cianjur, selain pembinaan rohaniah, berupa pengajian rutin bagi guru, tak lupa peningkatan mutu guru juga lebih diperhatikan dalam rangka menyiapkan generasi islami, Qur`ani, dan mumpuni.
    Begitu juga hari itu, Sabtu, 23 September 2017, semua guru yang tidak berhalangan hadir mengikuti acara pelatihan dalam rangka meningkatkan mutu pengajar di lingkungan SMP Islam Cendekia Cianjur. Adapun kompetensi yang dikembangkan berupa kompetensi profesional, dan kompetensi sosial serta kepribadian, adapun kompetensi pedagogik mungkin akan dilaksanakan secara bertahap.
    Acara dilaksanakan di ruang kelas 7 E lantai satu, dimulai pukul 13.00, dengan narasumber Bapak Tatang, S.Pd. M.pd , seorang Widyaiswara dari dinas pendidikan provinsi jawa Barat. Beliau salah seorang tim penilai pada kenaikan pangkat pegawai Kabupaten Cianjur, Bekasi dan Provinsi jawa barat.
    Dalam training kali ini, beliau memaparkan tentang Organisasi belajar, paparan disampaikan secara santai dan penuh canda, “Di jam istirahat setelah makan siang seperti sekarang ini, biasanya peserta mengantuk, supaya peserta tidak merasa jenuh dan mengantuk, kita santai saja, dan nikmati saja setiap kegiatan, yang ngantuk mangga silahkan nikmati kantuk nya, “demikian tukasnya, disambut riang dan tawa oleh peserta yang hadir, dan benar saja, 2 jam mengikuti acara tersebut, peserta tidak merasa jenuh dan mengantuk, hingga berahirnya acara.
    Pemaparan yang beliau sampaikan adalah tentang organisasi belajar, organisasi belajar (learning organization) adalah sebagai organisasi yang memfasilitasikan pembelajaran bagi anggotanya dan mentransformasikannya secara sadar dalam konteks organisasi ( pedler dan Dixon 2001) sedangkan tujuan dari organisasi belajar adalah menjadikan semua individu yang terlibat dalam organisasi menjadi manusia pembelajar ( belajar bagaimana belajar), melalui SDM yang terus belajar bagaimana belajar, tujuan (goal) akan dapat dicapai secara efektip dan efisien.
    Lebih lanjut beliau menjelaskan tentang kurikulum, “kurikulum di Indonesia mengalami banyak sekali perubahan, dimulai dari kurikulum 1976, 1984, KBK, KTSP, dan yang paling baru yaitu KURTILAS, hal ini wajar saja, karena kurikulum harus fleksibel dan harus mengikuti perkembangan zaman” tukasnya.
    Selain membahas kurikulum, beliau juga membahas metode pembelajaran, intinya bahwa dalam mengajar di zaman sekarang tidak lagi sama dengan mengajar pada zaman dahulu, yang lebih banyak menyampaikan pelajaran kepada siswa dengan ceramah, tapi sekarang, sebagai guru kita merupakan fasilitator yang menjembatani siswa dalam menggali dan mencari sendiri materi yang akan kita sampaikan, berbagai model pembelajaran pun beliau kupas sedikit secara ringkas, seperti cooperative learning (CL), CTL, PBl,problem solving dan lain-lain.
    Dalam uraiannya, beliau menyampaikan ciri-ciri organisasi belajar diantaranya:

    1. Berfikir sistem (systems thinking)
    2. Penguasa pribadi (personal mastery)
    3. Pola mental ( mental model)
    4. Visi bersama (shared vision)
    5. Belajar beregu( team learning)


    Demikian ringkasan paparan yang disampaikan oleh narasumber pada pelatihan kali ini, yang akan dilanjutkan pada pelatihan selanjutnya di setiap akhir pekan.
    Sebelum ditutup dengan do`a yang disampikan oleh Ustadz Kamal, acara ditutup dengan sebuh pantun sebagai berikut
    Beli tomat di pasar Cibeber
    Dimakan dengan biji selasih
    Kepada yang terhormat narasumber
    Kami ucapkan terimakasih

    (Disampaikan oleh narasumber, dalam pelatihan guru di SICC)

    Terimakasih kepada narasumber yang telah menyampaikan paparan materi nya, semoga bermanfaat.
    Cianjur, September 2017 (Aisyah Nurlaela)