SICC SEBAGAI SEKOLAH SASARAN DAN GURU SASARAN

  • Hj. Aisyah Nurlaela , S.Pd (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2017-09-19 14:13:13 - Kategori : BERITA

    SICC SEBAGAI SEKOLAH SASARAN  DAN GURU SASARAN

    DALAM ACARA ON K-13 ( IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

    Seperti biasa setelah dilaksanakan upacara bendera , di lingkungan SMP Islam Cendekia Cianjur, semua guru beserta yayasan berkumpul untuk melaksanakan briefing yang biasa dilakukan seminggu sekali yakni setelah upacara bendera, begitu pun hari itu, Senin 18 September 2017, acara briefing berjalan dengan tertib.
    Ada yang berbeda pada Senin pagi itu, Tim Kurikulum SMP Islam Cendekia Cianjur tampak sibuk dengan beberapa orang guru, hari itu SMP Islam Cendekia Cianjur menjadi tuan rumah dalam acara pendampingan guru sasaran (GS) implementasi kurikulum2013 (ON K-13)
    Sebanyak 10 orang tamu datang dalam acara tersebut, semuanya merupakan instruktur Kabupaten (IK) yang akan melaksanakan supervisi kepada para guru sasaran di dalam kelas. Mereka datang dari berbagai sekolah di lingkungan Kabupaten Cianjur diantaranya: Eli Ruslianti, S.Pd (SMPN 1 Ciaranjang), Eem Rohimah, S.Pd ( SMPN 1 Mande ),Cicih Sukaesih( SMPN 2 Karangtengah), Nia Kurniasih ( SMPN 3 Cianjur), Loniawati ,S.Pd (SMPN 1 Mande), Asep Hidayat, M.Pd ( SMPN 1 Sukaresmi), Dida Sukandi, S.Pd ( SMPN 1 Haurwangi ), Drs. Unang Surahman, MM ( Dinas Pendidikan), Mimin Sari S.Pd ( SMPN 1 Bojongpicung ), Maesyaroh, S.Pd ( SMPN 1 Mande)
    Persiapan pun dilakukan jauh hari sebelumnya, sejak ditugaskannya guru sasaran mengikuti bimtek di luar sekolah yakni di SMP PGRI Cugenang. Para guru sasaran (GS) yang ditugaskan dalam pendampingan implementasi kurikulum 2013 diantaranya: Yayu Sri Rahayu S, Pd ( IPS), Rina Rubianti, S.Pd ( Matematika), Adinda Amrina Rosyada, M.pd (IPA), Hj. Aisyah Nurlaela, S.Pd (B. Indonesia), Sidik Permana S.Pd ( SBK), Risma Fitri Aprilianti , S.Pd ( PKN ), Indri Nuzuliyati, S.Pd ( B. Inggris), Devi Muliyawati, S.pd, (PJOK), Indah Pratiwi, S.Pd ( prakarya) dan Dais Nur awaliyah, S.Pd.I ( PAI)
    Acara dimulai pada pukul 08.00 dengan pembukaan oleh Bapak Andrew selaku waka kurikulum, bersama tim, dilanjutkan dengan sambutan Kepala SMP Islam Cendekia Cianjur , Bapak H. Bambang Zainal Arifien, S.Sy, dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih kepada koordinator dan seluruh IK yang telah datang dan berbagi ilmu nya serta melakukan supervisi pada seluruh guru sasaran. Sambutan berikutnya disampaikan oleh koordianator IK yakni Bapak Drs. Unang Surahman, MM, dari dinas pendidikan.
    Acara ON K-13 dilaksanakan mulai pukul 08.30 sampai 11.30 bertepatan dengan jam ke-3 sampai jam ke- 4 pada kegiatan KBM, sementara KBM pada hari itu berjalan seperti biasa.
    Secara keseluruhan, Alhamdulillah pendampingan kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh seluruh guru sasaran di SMP Islam Cendekia Cianjur berjalan dengan lancar.


    Banyak kesan dan pesan yang didapat dari acara tersebut, khususnya bagi guru sasaran, “Menjalin silaturrahmi, banyak teman, bisa sharing, dan yang paling penting, kita bisa menambah ilmu serta pengalaman yang kita dapat dengan mengikuti kegiatan ini ”, demikian komentar Ibu Yayu Sri Rahayu salah satu guru sasaran dalam acara tersebut.. Begitu pun para instruktur yang merasa terkesan dengan penyambutan tuan rumah. “luar biasa, atas penerimaan dari sekolah sasaran yang telah mengkondisikan kegiatan ON K13 sebagaimana harapan kami, sehingga kegiatan berjalan sesuai rencana. Begitu juga semua guru sasaran, yang telah mempersiapkan pelaksanaan ON yang baik , apabila ada temuan yang tidak/belum sesuai , itu hal yang wajar dalam menyamakan persepsi, pesan nya ,tularkan K-13 ke seluruh guru yang mengajar di kelas 7 pada khususnya dan semuanya sehingga pelaksanaan dan penerapan K-13 dapat merata di sekolah,” demikian salah satu kesan dan pesan dari Bapak Asep Hidayat, M.Pd salahseorang IK yang mengampu mata pelajaran B. Indonesia. “ terimakasih atas sambutan nya dari SICC, selain tempatnya nyaman, bersih, dan rindang, guru-guru nya pun ramah-ramah” tukas salah seorang Ik yang berhasil penulis wawancara.  Acara ditutup dengan makan siang bersama di foodcourt SICC,


    Alhamdulillah dengan potensi guru guru yang ada, dan dengan memanfaatkan segala macam fasilitas, insya Alloh seluruh guru pada intinya bisa melaksanakan implementasi kurikulum 2013 dengan baik.