Kreativitas Siswa dalam Mengisi Hari Kemerdekaan RI ke 72

  • Ridho Hamzah, M.Pd. (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2017-08-18 14:37:05 - Kategori : BERITA

    Kreativitas Siswa dalam Mengisi Hari Kemerdekaan RI ke 72

    Peserta didik SMP Islam Cendekia Cianjur (SICC Boarding School) mengikuti berbagai lomba, di antaranya yaitu (a) lomba membuat mading, poster, dan slogan; dan (b) lomba membuat yel-yel. Semua lomba tersebut bertemakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke 72. Rangkaian acara lomba dimulai dari tanggal 16-17 Agustus 2017 bertempat di lingkungan SICC.

    Perlombaan antarkelas diikuti oleh 18 rombongan belajar (rombel) putra dan putri mulai dari kelas 7, 8, dan 9 yang dibimbing oleh wali kelas masing-masing. Di antara 18 kelas tersebut dibagi dua kelas putra dan kelas putri. Kelas putra terdiri dari kelas 7 A, 7 B, dan 7 C; 8 A, 8 B, dan 8 C; serta 9 A, 9 B, dan 9 C. Sedangkan kelas putri terdiri dari kelas 7 D, 7 E, dan 7 F; 8 D, 8 E, dan 8 F; serta 9 D, 9 E, dan 9 F.

    Mereka antusias mencurahkan segala ide/ gagasannya dalam mengikuti berbagai perlombaan memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke 72 pada perlombaan membuat mading, poster, dan slogan. Tidak kalah menariknya, mereka juga merasa sangat senang mengikuti perlombaan membuat yel-yel dengan tema Dirgahayu RI ke 72 di lingkungan SICC yang beralamat di jalan Pramuka kecamatan Karangtengah – Cianjur – Jawa Barat.

    Kriteria/ aspek-aspek yang dinilai dalam lomba membuat mading/ poster/ slogan adalah aspek bahasa, keindahan, bobot isi, kerapian, dan kesesuaian tema dengan isi. Dari hasil penilaian tim juri (guru bahasa Indonesia, guru IPS, guru TIK, dan guru Seni Budaya), lomba ini dimenangkan oleh kelas 9 D sebagai juara pertama dengan nilai 83,05, juara kedua oleh kelas 8 D dengan nilai 81, dan untuk juara ketiganya dengan nilai 78,45 oleh kelas 7 E SMP Islam Cendekia Cianjur.

    Sedangkan kriteria/ aspek-aspek yang dinilai dalam lomba membuat yel-yel adalah aspek kekompakan dengan bobot 30%, aspek gerakan/ semangat dengan bobot 30%, aspek materi/ isi 20%, aspek properti/ Kostum dengan bobot 10%, dan aspek ketepatan waktu dengan bobot 10%. Dari hasil penilaian tim juri (guru bahasa Indonesia, guru TIK, dan guru Seni Budaya), lomba ini dimenangkan oleh kelas 8 D dengan nilai 72,53 sebagai juara ketiga; kelas 9 D dengan nilai 74,93 sebagai juara kedua; dan sebagai juara pertamanya dengan nilai 76,63 adalah kelas 9 A SMP Islam Cendekia Cianjur.

    Kegiatan menyambut Kemerdekaan RI ke 72 tersebut dihadiri oleh dewan guru, wali asrama, staf yayasan, pengawas yayasan, juga istri dan pembina yayasan. Sebagai rasa syukur yang disampaikan oleh keluarga yayasan, maka dewan guru, wali asrama, dan staf yayasan diberi hadiah doorpress berupa TV 21 inch dan 150 ekor ikan patin dari kolam SICC seberat 3 kg per ekornya untuk semua pegawai yayasan Pribadi Kamila Cianjur dengan masing-masing dapat 1 ekor untuk dibawa pulang ke rumah.

    Ridho Hamzah, M.Pd.