Guru Sebagai Pendidik Profesional

  • Hilman A (Penulis)
  • Diterbitkan pada :2017-08-05 07:20:16 - Kategori : ARTIKEL

    Guru Sebagai Pendidik Profesional

    Dalam rangka mengembangkan mutu guru SMP Islam Cendekia Cianjur, Kepala divisi pengembangan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, Bapak Dian Sudiana Raflan,S.S I bekerjasama dengan divisi kurikulum mengadakan acara pelatihan bagi seluruh dewan guru SMP Islam Cendekia Cianjur, hal ini dimaksudkan tiada lain dalam rangka melaksanakan program pengembangan mutu dan kualitas profesi guru di tahun mutu SMP Islam Cendekia Cianjur ini.

    Sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh pembina Yayasan Pribadi Kamila, bahwa tahun 2017 adalah tahun peningkatan mutu bagi seluruh PTK di lingkungan SMP Islam Cendekia Cianjur, maka dari itu, dengan berbagai upaya dan program, tim pengembang mutu SMP Islam Cendekia Cianjur melaksanakan program nya dengan baik, profesional, terencana, dan berkelanjutan.

    Program pengembangan mutu pendidik secara global diantaranya: program pelatihan, supervisi, diklat, seminar, psycotest, bahkan pendidikan lanjutan bagi guru. Program tersebut tentu saja ada program jangka pendek dan juga jangka panjang. Selain program yang diadakan di lingkungan sekolah, pendidik juga diberi keleluasaan untuk mengembangkan profesinya dengan cara mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan di luar sekolah seperti MGMP tingkat Sub Rayon dan MGMP tingkat Kabupaten, bahkan program pemerintah melalui PKB (pengembangan keprofesian berkelanjutan) juga diikuti oleh seluruh pendidik.

    Salah satu program jangka pendek yang rutin dilaksanaka adalah diklat atau pelatihan yang dilaksanakan dua minggu sekali dengan mendatangkan narasumber baik dari dalam maupun luar sekolah.

    Sabtu, 29 Juli 2017 dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, PQD mengadakan pelatihan untuk para pendidik di lingkungan SMP Islam Cendekia Cianjur .

    Acara yang diikuti oleh hampir seluruh pendidik itu dimulai pukul 13.00 sampai pukul 16.30, dimulai dengan pembukaan , acara pokok, dan sambutan dari kepala SMP Islam Cendekia Cianjur , Bapak H. Zainal Arifien, S.Sy.

    Narasumber dalam acara tersebut adalah seorang widya iswara Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yakni Bapak Asep BudiawanM.Ph . Dengan gaya bicara yang supel, disertai humor humor yang hangat, membuat pelatihan yang biasanya menjenuhkan dan mengundang rasa kantuk, terasa menyenangkan dan tidak, karena pembicaranya seorang pribadi yang humoris, hingga waktu bergulir dan mengalir tanpa terasa.

    Dalam ceramahnya, beliau membahas tentang pengertian profesional, kompetensi sosial, Kompetensi profesional, Kompetensi kepribadian, Kompetensi pedagogik, Kompetensi guru, tiga pilar kebijakan pendidikan, Karakteristik profesi dan perspektif Al Qur`an mengenai guru.

    Pelatihan berjalan dengan tertib dan lancar, dan satu hal yang sangat menarik adalah, beliau menyampaikan nya dengan sangat santai, humoris, menghibur, dan tidak terkesan menggurui, sebagai pembicara, beliau menyampaikan layaknya kepada teman sehingga komunikasi yang terbangun adalah dua arah, pembicara dan audiens/ pendengar.